Ekonomi Kreatif Usaha Kuliner “Ceker Sayap Makassar”: Kajian Modal Kewirausahaan dan Strategi Bersaing

Karin Riska Febriani(1*), Muhammad Dinar(2), Muhammad Hasan(3), Muh. Ihsan Said(4), Thamrin Tahir(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i1.19641

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modal kewirausahaan yang dimiliki pemilik usaha dan strategi bersaing yang diterapkan pada usaha kuliner “Ceker Sayap Makassar”. Penelitian ini dikategorikan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik usaha kuliner “Ceker Sayap Makassar” memiliki 4 jenis modal kewirausahaan diantaranya adalah modal intelektual, modal sosial, modal mental, dan modal material. Selain itu usaha kuliner “Ceker Sayap Makassar” juga menerapkan 2 jenis strategi bersaing yaitu Cost Leadership (strategi biaya rendah) dan Differentiation (diferensiasi) dimana hasil dari analisis SWOT yang telah dilakukan, terdapat empat pilihan strategi untuk usaha kuliner “Ceker Sayap Makassar” yang terdiri dari strengths opportunities (SO), weakness opportunities (WO), Strenghts threats (ST), dan weakness threats (WT).

 

Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Modal Kewirausahaan, Strategi Bersaing, SWOT.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS) diakses dari http://www.bps.go.id// diakses pada 27 Desember 2019

Diosdad, Arlnold. 2003. Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol. II No. 3

Hasan, Muhammad. 2018. Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 1(1): 81-86.

Mayo, A. (2000). The Role of Employee Development In The Growth Of Intellectual Capital.

Porter, Michael, (2012). "Keunggulan Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing", PT. Gramedia, Jakarta.

Song, X. Michael dan Mark E Parry. 2007. A Cross National Comperative Study of New Product Development Process: Japan and The United States. Journal of Marketing Vol.61

Septiana Ayu, Kantun Sri, Sedyati Retna Ngesti. 2017. Perilaku Kewirausahaan Pengusaha Mebel di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Universitas Jember

Suryana. 2011. Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi 3. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.


Article Metrics

Abstract view : 254 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.