Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Peserta Didik di SMK Negeri 1 Makassar

Anggita Sellas(1*), Muhammad Rakib(2), Agus Syam(3), Marhawati Marhawati(4), Mustari Mustari(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i1.19606

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan adversitas dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha peserta didik di SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 180 peserta didik, dan diperoleh sampel sebanyak 64 peserta didik yang merupakan peserta didik jurusan pemasaran kelas XI dan XII di SMK Negeri 1 Makassar. Pengumpulan data dilakuan dengan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan adversitas dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha peserta didik di SMK Negeri 1 Makassar baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini Variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel efikasi diri karena memiliki nilai koefisien regresi yang lebih tinggi dibandingkan nilai koefisien regresi kecerdasan adversitas.

 

Kata kunci : kecerdasan adversitas, efikasi diri, intensi berwirausaha


Full Text:

PDF

References


Almuna, M., Thaief, I., Said, M. I., Dinar, M., & Hasan, M. (2020). Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 4 Enrekang. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2).

Ayis Crusma Fradani. 2014. Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga, Dukungan Keluarga, dan Efikasi Diri pada Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri 2 Nganjuk. Ekon. Pendidik. dan Kewirausahaan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Diakses Dari Http://Www.Bps.Go.Id// Diakses Pada 20 Januari 2020

Bandura A. 1977. Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychol. Rev..doi:10.1037//0033-295x.84.2.191.

Choo S, Wong M. 2006. Entrepreneurial intention: Triggers and barriers to new venture creations in Singapore. Singapore Manag. Rev.

Fajar, A., Syam, A., Rahmatullah, R., Rakib, M., & Tahir, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makssar. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2).

Indarti, N. (2004). Factors affecting entrepreneurial intentions among Indonesian students. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19 (1), 57-70.

Jufri, M. (2018). Analisis Sikap Kewirausahaan Siswa SMK Di Kota Makassar. Disertasi. Universitas Negeri Makassar

Rakib M. 2010. Pengaruh Model Komunikasi Wirausaha, Pembelajaran Wirausaha, dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil. J. Ilmu Pendidik.

Stoltz, Paul. G. (2000). Faktor Paling Penting Dalam Meraih Sukses: Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Grasindo

Syam A, Sudarmi S. 2019. Analysis of Student Entrepreneurship decision making in the Learning Prerspective. J. Ad’ministrare..doi:10.26858/ja.v6i1.9707.

Widhi Hapsari D. 2017. Hubungan Antara Adversity Quotient Dan Self Eficacy Dengan Intensi Berwirausaha Pada Mompreneur. Thesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta


Article Metrics

Abstract view : 173 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.