Senioritas dan Perilaku Kekerasan di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar)

Nur Qalbi(1*), Ibrahim Ibrahim(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i1.19417

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk kekerasan yang dilakukan oleh senior terhadap junior di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, 2) Untuk mengetahui dampak-dampak terjadinya kekerasan yang dilakukan oleh senior terhadap junior di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif maka dalam penelitian ini peneliti mengamati dan berinteraksi dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.  Hasil penelitian dapat diketahui bahwa, 1) Bentuk-bentuk kekerasan terbagi menjadi dua yaitu, kekerasan fisik dan kekerasan non fisik. Adapun kekerasan fisik berupa pemukulan, tamparan, serta tendangan. Selain itu bentuk-bentuk kekerasan non-fisik yang dilakukan senior terhadap juniornya juga beragam antara lain, dicaci maki, dibentak, dipermalukan di depan umum, dan dihina, 2) Dampak yang ditimbulkan dari perilaku kekerasan yang dilakukan senior terhadap juniornya terbagi yaitu, dampak dari segi psikologis. Dari efek psikologis, dapat diketahui bahwa dampak psikologi yang dirasakan oleh korban sangatlah terasa, dampak tersebut berupa gangguan tidur, depresi, dan kecemasan sosial yang timbul serta ketakutan untuk berinteraksi dengan senior yang melakukan kekerasan terhadap korban tersebut.

 Kata Kunci: Perilaku Kekerasan, Senioritas, kenakalan remaja


Full Text:

PDF

References


A. octamaya Tenri Awaru, Monika,. 2018. Konflik dialektika mahasiswa senior dan junior di fakultas teknik Universitas Negeri Makassar”.

Duha Timotius. 2018. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.

Eminurlita. 2018. Dampak Kekerasan Orang Tua Terhadap Anak. Padang. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (Skripsi)

Jurnal macam-macam perilaku, diakses pada tanggal 09 Desember 2018 darihttp://sinta.unud.ac.id/uploads/dokumen_dir

Jurnal Hubungan Internasional Vol. 6, No. 1, April-September 2017 dari http://Journal.Umy.Ac.Id/Index.Php/Jhi/Article/View/3003

Mar’at Samsunuwiyati, Indieningsih Kartono Lieke. 2010. Perilaku Manusia. Badan Penerbit PT Refika Aditama. Hal.1-2

Pratiwi Andini. 2012. Senioritas Dan Perilaku Kekerasan Di Kalangan Siswa Di Smp PGRI Ciputat Tangsel. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Soekanto Soerdjono dan Santoso Pudji. 1985. Kamus Kriminologi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Hal. 104.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional

Usman Husaini, Setiady Akbar Purnomo. 2009. Metodologi Penelitian Sosial Edisi Kedua. Jakarta. Bumi Aksara

Usman Husaini, Setiady Akbar Purnomo. 2017. Metodologi Penelitian Sosial Edisi Ketiga.Bandung.Bumi Aksara

W Sarwono, Sarlito. A Meinarno, Eko. 2011. Psikologi Sosial. Jakarta: Selemba Humanika.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar Dan Implementasi. Jakarta: Pernada Media Group.

Zainal., & dkk. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo.


Article Metrics

Abstract view : 1638 times | PDF view : 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.