Pengenalan Sains Melalui Permainan Kimia Menyenangkan Pada Kegiatan Le Food Festival

Halimah Husain(1*), Sakinah Zubair(2), Rini Perdana(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v4i2.67701

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan memperkenalkan sains melalui permainan kimia ,menyemamgkan di acara Le Food Festival di Sekolah Le Cendikia Boardning School dengan fokus membangun rasa ketertarikan siswa dalam ilmu kimia. Acara ini memperkenalkan kepada siswa -siswa se kabupoaten Gowa dan Makassar bahwa kimia adalah matapelajaran yang sangat mengasyikkan, menarik dan menakjubkan melalui permainan yang dikamas dalam acara fun chemestry. Metode pelaksanaan dengan cara mendemostrasikan dan siswa melakukan langsung percobaan yang dianggap sebagai permainan yang mengasyikkan. Materi percobaan mencakup lima percobaan visual menarik: Api dalam Busa, Gunung Berapi, Balon Tanpa Ditiup, Uang Tidak Terbakar, dan Lava Lamp. Percobaan dirancang untuk memberikan pemahaman konsep-konsep kimia dasar kepada siswa dan guru-guru pendamping seperti reaksi eksotermis, dekomposisi, gasifikasi, dan polaritas. Hasil menunjukkan peningkatan antusiasme siswa dan guru-guru terhadap sains dan kemampuan mereka untuk mengaitkan teori kimia dengan fenomena sehari-hari. Kegiatan ini berhasil memotivasi siswa mendalami sains dengan keinginan mereka untuk mengulang-ulang percobaan tanpa rasa takut dan khawatir akan api, dan menanyakan bagaimana mereka akan melakukannya sendiri di rumah dan di sekolah. Kegiatan ini menunjukkan bahwa kimia adalah bidang yang sangat dan menarik..

Kata Kunci: kimia interaktif, pengabdian, sains, Le Food Fest, kreativitas siswa. 


Keywords


kimia interaktif, pengabdian, sains, Le Food Fest, kreativitas siswa.

Full Text:

PDF

References


/pjsp.v1i1.15706

Donasari, A., & Silaban, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. State University of Medan, 3(1), 86–86. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23056

Faulina, M., & Andriyani, A. (2020). Guided discovery learning to improving triangular understanding in blind student. 6(2), 156–168. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.925

Hardjo, F. N., Permanasari, A., & Permana, I. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 7 Melalui Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Energi, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i2.1393

Idrus, S. W. A., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. 15(5), 541–547. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2171

Lestiyani, P. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. 6(3), 365–365. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2913

Munawarah, Z., Burhanuddin, B., Sofia, B. F. D., & Hakim, A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbantuan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI MIPA SMAN 1 Utan. 6(4), 768–775. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.295

Muntari., B., B., L., N., I., Haris, M., & Hakim, A. (2022). Pendampingan Implementasi Lesson Study For Learning Community (LSLC) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA/MA/SMK Yayasan Pondok Pesantren Darussholihin NW Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. 5(1), 323–328. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1464

Purba, J., & Fitri, R. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Proyek dengan Multimedia Pada Materi Alkena di Sekolah Menengah Atas. State University of Medan, 3(1), 56–56. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23536

Rosdiana, S. R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Inquiry-Discovery. 2(2), 101–101. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.286

Sagala, D. M., & Sinaga, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek Pada Pokok Bahasan Termokimia Untuk Kelas XI SMA. State University of Medan, 3(2), 164–164. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i2.26638

Suparni, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. 3(2), 40–58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716

Usman, U., Hendriyani, M. E., & Rifqiawati, I. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pjbl Terintegrasi Stem, 9(2), 192–197. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11177


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Halimah Husain, Sakinah Zubair, Rini Perdana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: