Pengenalan Sains Melalui Permainan Kimia Menyenangkan Pada Kegiatan Le Food Festival
(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v4i2.67701
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan memperkenalkan sains melalui permainan kimia ,menyemamgkan di acara Le Food Festival di Sekolah Le Cendikia Boardning School dengan fokus membangun rasa ketertarikan siswa dalam ilmu kimia. Acara ini memperkenalkan kepada siswa -siswa se kabupoaten Gowa dan Makassar bahwa kimia adalah matapelajaran yang sangat mengasyikkan, menarik dan menakjubkan melalui permainan yang dikamas dalam acara fun chemestry. Metode pelaksanaan dengan cara mendemostrasikan dan siswa melakukan langsung percobaan yang dianggap sebagai permainan yang mengasyikkan. Materi percobaan mencakup lima percobaan visual menarik: Api dalam Busa, Gunung Berapi, Balon Tanpa Ditiup, Uang Tidak Terbakar, dan Lava Lamp. Percobaan dirancang untuk memberikan pemahaman konsep-konsep kimia dasar kepada siswa dan guru-guru pendamping seperti reaksi eksotermis, dekomposisi, gasifikasi, dan polaritas. Hasil menunjukkan peningkatan antusiasme siswa dan guru-guru terhadap sains dan kemampuan mereka untuk mengaitkan teori kimia dengan fenomena sehari-hari. Kegiatan ini berhasil memotivasi siswa mendalami sains dengan keinginan mereka untuk mengulang-ulang percobaan tanpa rasa takut dan khawatir akan api, dan menanyakan bagaimana mereka akan melakukannya sendiri di rumah dan di sekolah. Kegiatan ini menunjukkan bahwa kimia adalah bidang yang sangat dan menarik..
Kata Kunci: kimia interaktif, pengabdian, sains, Le Food Fest, kreativitas siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
/pjsp.v1i1.15706
Donasari, A., & Silaban, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. State University of Medan, 3(1), 86–86. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23056
Faulina, M., & Andriyani, A. (2020). Guided discovery learning to improving triangular understanding in blind student. 6(2), 156–168. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.925
Hardjo, F. N., Permanasari, A., & Permana, I. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 7 Melalui Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Energi, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i2.1393
Idrus, S. W. A., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. 15(5), 541–547. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2171
Lestiyani, P. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. 6(3), 365–365. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2913
Munawarah, Z., Burhanuddin, B., Sofia, B. F. D., & Hakim, A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbantuan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI MIPA SMAN 1 Utan. 6(4), 768–775. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.295
Muntari., B., B., L., N., I., Haris, M., & Hakim, A. (2022). Pendampingan Implementasi Lesson Study For Learning Community (LSLC) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA/MA/SMK Yayasan Pondok Pesantren Darussholihin NW Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. 5(1), 323–328. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1464
Purba, J., & Fitri, R. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Proyek dengan Multimedia Pada Materi Alkena di Sekolah Menengah Atas. State University of Medan, 3(1), 56–56. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23536
Rosdiana, S. R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Inquiry-Discovery. 2(2), 101–101. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.286
Sagala, D. M., & Sinaga, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek Pada Pokok Bahasan Termokimia Untuk Kelas XI SMA. State University of Medan, 3(2), 164–164. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i2.26638
Suparni, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. 3(2), 40–58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716
Usman, U., Hendriyani, M. E., & Rifqiawati, I. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pjbl Terintegrasi Stem, 9(2), 192–197. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11177
Article Metrics
Abstract view : 28 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Halimah Husain, Sakinah Zubair, Rini Perdana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by: