Pelatihan Penguatan Litera* si Numerasi Guru-guru MGMP Matematika se Kabupaten Gowa

Jusniar Jusniar(1*), Dewiyanti Fadly(2), Sakinah Zubair(3),

(1) 
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v4i2.65447

Abstract


Kemampuan literasi numerasi penting untuk dilatihkan pada siswa untuk memenuhi kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) abad 21. Literasi numerasi ini tidak hanya mencakup kemampuan menghitung, tetapi juga memahami dan mengaplikasikan konsep matematis seperti interpretasi data dalam bentuk grafik, tabel, dan diagram dalam konteks kehidupan sehari-hari. Urgensi pentingnya literasi numerasi membuat Jurusan Kimia sebagai mitra sebagian besar sekolah di Kabupaten Gowa merasa perlu mengambil bagian dalam mengatasi permasalahan mitra salah satunya dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pelatihan penguatan literasi numerasi di kalangan guru-guru. Metode PKM yang diterapkan berupa pelatihan dan pendampingan dalam menanamkan kemampuan literasi numerasi pada siswa. Setelah melakukan pelatihan, maka sebanyak 43 peserta telah mengerti dan memahami dengan baik terkait apa itu literasi numerasi dan bagaimana pentingnya literasi dan numerasi bagi peserta didik sebagai sebuah kemampuan yang harus dimiliki saat ini. Sehingga seorang guru harus senantiasa melakukan pengembangan kompetensi. Diharapkan kerjasama dan komunikasi dengan guru-guru matematika MGMP Kabupaten Gowa dapat terus terjalin, sehingga kolaborasi demi peningkatan profesionalisme bisa terwujud.

Kata Kunci: Literasi Numerasi, Matematika, Numerasi


Keywords


Numeracy Literacy, Math, Numeracy

Full Text:

PDF

References


Faqih, M. I., Adriyani, Z., & Listiyani, L. (2023). Advanced Chatbot Development to Improve Student Literacy and Numeracy Skills. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA.

Fathurahman, M. F., Qodariah, L., & Gunawan, R. (2023). The influence of literacy and numeracy learning in IPS subjects on students' 21st-century skills. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS.

Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. D. (2022). Numeracy Literacy Skills of Elementary School Students through Ethnomathematics-Based Problem Solving. Interdisciplinary Social Studies.

Hossain, M. I., Haq, I., Hossain, M. S., Habib, M. J., Islam, F. B., Roy, S., & Rahman, M. (2022). Factors associated with early literacy and numeracy development among children under five years in bangladesh: multivariate two-level mixed effect approach. International Journal of Social Economics, 50(3), 345-358.

Jain, P., & Rogers, M. (2019). Numeracy as critical thinking. University of Tasmania.

Lee-Post, A. (2019). Developing numeracy and problem-solving skills by overcoming learning bottlenecks. Journal of Applied Research in Higher Education, 11(3), 398-414.

Nisa, N. D. and Ramlah, R. (2024). Kemampuan literasi numerasi matematis siswa dalam memecahkan masalah barisan dan deret aritmatika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 421-429.

Qodariah, L., & Gunawan, R. (2023). The influence of literacy and numeracy learning in IPS subjects on students' 21st-century skills. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS.

Rahmah, I. F., Irianto, A., & Rachmadtullah, R. (2023). Problem Based Learning Models to Numeracy Literacy Skills: A Study in Elementary School. Journal of Education and Teaching Innovation.

Rahmasari, U. D. (2022). Persepsi guru mengenai pentingnya kemampuan mengembangkan soal tes berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1105-1112.

Salsabilah, A. P. and Kurniasih, M. D. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari efikasi diri pada peserta didik smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(02), 138-149.

Sitaresmi, P. D. W., Nuryami, N., & Soliha, I. A. (2023). Analyzing eighth-grade students' numerical literacy skills in problem solving with number concepts. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 356


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sakinah Zubair, Jusniar Jusniar, Dewiyanti Fadly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: