Upaya Peningkatan Keterserapan Alumni di Industri Melalui Pelatihan Literasi Data Dalam Tracer Study dan User Survey di SMKN 5 Gowa

Nurul Fajril Ilmah(1), Ajriansyah Ajriansyah(2), Wulan Ramadani(3), Tauhid Sidiq Makulau(4), Yuni Sabrina Effendy(5), Bobby Poerwanto(6*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) 
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) 
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v4i2.64836

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini diharapkan sekolah mampu melaksanakan tracer study sesuai standar dan punya data dukung sehingga bisa digunakan dalam penyusunan program dan kebijakan dan para guru begitupun tenaga kependidikan mampu mengolah data tracer study dan pengolahan data secara regular serta mampu mengajarkannya ke siswa. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang yang berasal dari guru dan tenaga kependidikan. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari observasi, identifikasi kebutuhan, pelatihan, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Peserta terlebih dahulu diberikan ujian pretest sebelum pelatihan kemudian diberikan ujian posttest setelah pelatihan berlangsung untuk melihat peningkatan pemahaman bagi peserta. Nilai uji pretest dan posttest dianalisis dengan metode paired sample t-test dan diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pemahaman peserta mengenai tracer study dan pengolahan data hasil tracer study. Dalam kegiatan ini, tingkat kepuasan peserta sangat tinggi. Sebanyak 66.7% peserta merasa sangat puas dengan pelatihan ini secara keseluruhan, 26.7% merasa puas, dan hanya 6.7% yang merasa cukup puas. Hasil angket ini menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil memenuhi ekspektasi dan kebutuhan peserta dengan sangat baik, baik dari segi materi, fasilitasi, maupun responsivitas terhadap kebutuhan peserta

Keywords


Literasi Data; Tracer Study; Infografis

Full Text:

PDF

References


Humphries, J., Carroll, K., & Varkey, J. 2023. The Importance of Data in Teaching and Learning. Work-Integrated Learning Case Studies in Teacher Education. 147–155. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-19-6532-6_12

Kristyanto, D. 2020. Literasi Data Dan Tantangan Industrialisasi 4.0 Bagi Masyarakat Pesisir Di Indonesia. Nusantara Journal of Information and Library Studies N-JILS. 3(2):2020.

Merk, S., Poindl, S., Wurster, S., & Bohl, T. 2020. Fostering aspects of pre-service teachers’ data literacy: Results of a randomized controlled trial. Teaching and Teacher Education. 91(103043).

Nurani, S. R. (2015). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Ekonologi: Jurnal Ilmu Manajemen. 2(2):127–130. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1136

Pentang, J. T., Perez, D. R., Cuanan, K. H., Recla, M. B., Dacanay, R. T., Bober, R. M., Dela Cruz, C. E., Egger, S. P., Herrera, R. L., Illescas, C. M., Salmo, J. M., Bucad, Jr., M. L., Agasa, J. V., & Abaca, N. A. (2022). Tracer Study of Teacher Education Graduates of Western Philippines University - Puerto Princesa Campus: Basis for Curriculum Review and Revision. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research. 3(3):419–432. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.03.12

Poerwanto, B., & Ismail, A. 2022. PKM Pelatihan Literasi Data bagi Siswa dan Guru. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(3):457–463.

Pramana, S. 2020. Peningkatan Literasi Data Menuju Indonesia 4.0. Empowerment in the Community. 1(1):37. https://doi.org/10.31543/ecj.v1i1.369

Rahayu M, D., Nurcahyawati, V., & Erstiawan, M. S. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Tracer Study Berbasis Web pada SMK Kesehatan Surabaya. JSIKA. 6(2):1–7


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Fajril Ilmah, Ajriansyah Ajriansyah, Wulan Ramadani, Tauhid Sidiq Makulau, Yuni Sabrina Effendy, Bobby Poerwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: