Sosialisasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Kelompok Guru SMAN 11 Pangkep
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universita Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v4i2.61747
Abstract
Abstrak
Pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi pada Kurikulum Merdeka (Kumer) telah digulirkan sejak tahun 2020 sanggup diterapkan pada pembelajaran karena pembelajaran strategi berdiferensiasi dianggap oleh guru-guru sangat rumit prasyaratnya, termasuk SMAN 11 Pangkep. Oleh karena itu tujuan kegiatn PKM ini adalah untuk membagikan solusi penerapan pembelajaran dengan strategi berdiferensiasi kepada guru SMAN 11 Pangkep yang menjadi mitra pada kegiatan PKM ini. Kegiatan yang dilaksanakan adalah: 1) memberikan pelatihan dan pemahaman secara teoritis, 2) membimbing merancang pembelajaran berdiferensiasi dan latihan membuat tes diagnostik kepada guru-guru SMAN 11 Pangkep agar memahami strategi pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi atau tanya jawab langsung. Hasil pelaksanaan kegiatan selama proses pelatihan pada PKM ini adalah Kelompok guru SMAN 11 pangkep. mitra sangat senang dan antusias berdiskusi tentang pembelajaran berdiferensiasi. Target yang dicapai yaitu merealisasikan pemahaman guru sehingga mereka benar-benar memahami dan menerapkannya pada pembelajaran sesuai bidang studi masing-masing.
Kata Kunci: Sosialisasi, Pembelajaran, Berdiferensiasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adami, A. F. (2014). “Enhancing Students Learning Through Differentiated Approaches to Teaching And Learning: A Maltese Perspective”. Journal of research in special educational needs. Volume 4(2), (hlm. 91-97).
Ain, N. & Hariani, L. S. 2022. Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JDIMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat). Vol. 1, No.2, 2023
Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Peserta didik di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. Volume 2(3),
(hlm. 304-349).
Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Ringkasan Kebijakan No. 2. CIPS: Center fpr Indonesian Policy Studies
Butler, M., & Van Lowe, K. (2010). “Using Differentiated Instruction in Teacher Education”. International Journal for Mathematics Teaching & Learning. 2nd Proceding STEKOM
Faiz, A. Pratama, & Kurniawati, I. 2022. Pembelajaran berdiferensiasi dalam progres Guru penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, Vol 6, No. 2, hh. 2846-2853
Marlina, 2020. Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui pembelajaran Berdiferensiasi 2022, Vol. 2 No.1 2022.
Article Metrics
Abstract view : 20 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hardin Hardin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by: