Pengaruh Kegiatan Praktikum Terhadap Kemampuan Prosedural Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar

Muhammad Rifai Alimuddin(1), Salma Samputri(2*), Sitti Saenab(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40706

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan praktikum terhadap kemampuan prosedural peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar berjumlah 51 peserta didik. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria hanya peserta didik yang mengikuti praktikum pada penelitian sehingga terpilih sampel dengan jumlah 37 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini soal tes berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yaitu deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan skor kemampuan prosedural peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar memiliki rata-rata skor keseluruhan sebesar 24,56 termasuk dalam kategori sangat tinggi

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., & Millar, R. (2008). Does practical work really work? A study of effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, 30(14), 1945-1969.

Afiq, M.H., Salma Samputri, Muhammad Aqil, R. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar (Studi pada Materi Gerak dalam Kehidupan). Jurnal IPA Terpadu. Vol 6 No 1

Anderson, N. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anton, T. S. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Prosedural dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah. Disertasi UPI.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Bufler, A., & Alies, S. (2001). The Development of First Year Physics Students Ideas About Measurement in Terms of Point and Set Paradigms. International Journal of Science Education, 1137-1156.

Dewi, I. S. (2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi Di SMA. EduSains.

Hasan, M. (2012). Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif) Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasnawati. Ratnawaty, M., Muhammad, A.R. (2020). Pengetahuan Prosedural Dengan Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMPN Terakreditasi A Di Kota Makassar. Jurnal IPA Terpadu. Vol 6 No 1

Hayat, M.S., Sri Angraeni, Sri Redjeki. (2011). Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioma.Vol 1 No 2

Hayu, R. M., & Yanti, F. (2017). Hubungan Kemampuan Metakognisi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di MTSN Kuranji Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 30-35.

Koirewoa, F. M. (2017). Peningkatan Kemampuan Melakukan Praktikum IPA (Sains) Pada Guru SD Melalui Percobaan Sederhana. Jurnal Pengabdian Papua.

Legimin. (2012). Metode Praktikum dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: LPMP.

Marzano, R. J. (1992). A Different Kind of Classroom: Teaching with Dimensions Learning. USA: Assn for Supervision & Curriculum.

Nisa, U.M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference.

OECD. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018 Programme for Internasional Student Assesment. Jakarta: Kemendikbud.

Pane, A., & Dasopan. (2017). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018 Programme for Internasional Student Assesment . Jurnal Kajia-Kajian Keislaman.

Rinaldi. (2017). Kesadaran Metakognitif. Jurnal RAP UNP, 1-6.

Rohmatin, A.A., Sujiran., Dian Ratna Puspananda. (2020). Kemampuan Prosedural Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut Carl Gustav Siswa Kelas VII Mts Matholi’ul Fallah Simo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Edutama.

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suhaimi, M. (2020). Penerapan Metode Praktikum Ditinjau dari KPS Peserta Didik Materi Jamur Kelas X MAN Dusun Timur Tamiang Layang. Palangkaraya: IAIN Palangkaraya.

Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Sukmawati, A. (2022). Analisis Kemampuan Prosedural Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMPN 3 Barru. Makassar: Universitas Muhammadiyah.

Sunandar, R., Muhammad Aqil, R., Sitti Saenab. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Simulasi PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Dua Pitue Kalosi. Jurnal IPA Terpadu.Vol 6 no 1

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio.

Syahwi, S.A., Nurhayani, H.M., Ramlawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terintegrasi Praktikum Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal IPA Terpadu.

Tiro, M. A. (2015). Dasar-dasar statistika Edisi Keempat. Makassar: Andira Publisher.

Trumper, R. (2002). What do we expect from students’ physics laboratory experiments? Journal of Science Education and Technology, 11(3), 221–228. https://doi.org/10.1023/A:1016016417872

Ulmiah, N. A. (2016). Studi Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika , Issn: 2355 – 7109.

Wiratma, I. G. (2014). Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada SMA Negeri di. Jurnal Pendidikan Nasional.

Wulan, A. R. 2003. Permasalahan Yang Dihadapi Praktikum Biologi Di SMU Dan Upaya Penanggulangannya. SPs UPI Bandung.

Wulandasari, C., Abdul Mun'im, Sitti Saenab. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kit IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal IPA Terpadu

Yustiandi, D. S. (2017). Redesain Alat Peraga Dan Lembar Kerja Percobaan Bandul Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Bereksperimen. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Rifai Alimuddin, Salma Samputri, Sitti Saenab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.