Analisis Respon Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Secara Daring di SMPN Terakreditasi se-Kecamatan Kalukku

Iga Malini(1), Hasanuddin Hasanuddin(2), Arie Arma Arsyad(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40705

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: respons peserta didik terhadap pembelajaran daring di SMPN terakreditasi se- Kecamatan Kalukku. Penelitian ini merupakan  penelitian kuantitatif dengan jenis dan desain  penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh peserta didik di SMPN terakreditasi se- Kecamatan Kalukku tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 949 orang dengan sampel dipilih dengan menggunakan rumus slovin sejumlah 281orang. Instrument penelitian berupa angket kuisioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan pengkategorian skor. Hasil penelitian yang diperoleh adalah respon peserta didik terhadap pembelajaran secara daring di SMPN terakreditasi se- Kecamatan Kalukku pada kategori positif sebesar 60%, pada kategori netral sebesar 39% dan pada kategori negatif sebesar 1%. Hal tersebut menggambarkan respons peserta didik terhadap pembelajaran daring masuk kategori positif dengan frekuensi sebesar 168 dan persentase sebesar 60%.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya .

Alviana, P., & Miftahuddin, M. (2016). Analisa Sensitivitas Respon Konsumen dari Ekstensifikasi Merek (Brand Extension) pada SabunMandi Cair Merek Citra. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(2):271-282.

Anggraini, W. (2021). Respon Siswa A Smk Multi Karya Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Anwar, S. (2015). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta : Pustaka pelajar.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, W. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif jurnal Ilmu Pendidikan, 55-61.

Hamalik, O. (2010). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jamaluddin, D. T. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi . Jurnal PIAUD,, 26, 56-66.

Kuntarto, E. (2017 ). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 99-110.

Muntazhimah, E. Y. (2020). Respon Siswa Sekolah Menengah Terhadap Pembelajaran Matematika di Era COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung , 8(3), 193–206.

Mustofa, M. I. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). . Walisongo Jurnal of Information and Technology, , 1(2), 154.

Nugraha, A. B. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1):27-34.

Nugroho, j., & setiadi. (2008). Prilaku Konsumen ( Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran ). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2013 tentang penyelengaraan Pendidikan Jarak Jauh

Purniawan. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal UNNES. Vol. 1, No. 2

Rahmat, Jalaluddin. 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja rosdakarya

Rafikayuni, E. A. (2017, Oktober 14). Respons Siswa Terhadap LKS Berbasis Predict Observe explanation (POE)“Peningkatan Mutu Pendidikan MIPA dan Teknologi Untuk Menunjang Pembangunan Berkelanjutan”

Rikhatul,W. (2021). Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid – 19 : Implementasinya Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.3. No.4

Sofyana, & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. urnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 81-86.

Sudjana, N. (2002). Dasar-Dasar Proses Belaar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar dan Respon Siswa. Yogyakarta: Pustaka Belajar


Article Metrics

Abstract view : 274 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Iga Malini, Hasanuddin Hasanuddin, Arie Arma Arsyad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.