Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Terhadap Peningkatan Kompetensi Literasi Sains Kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng

Nurul Magfira K.(1), Nurhayani H. Muhiddin(2*), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40700

Abstract


Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui: 1) peningkatan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terstruktur, 2) peningkatan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap peningkatan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng sebanyak 9 kelas dengan jumlah 309 peserta didik. Pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling sehingga diperoleh VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 peserta didik dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi literasi sains peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terstruktur pada materi cahaya dan alat optik di SMP Negeri 01 Bajeng mengalami peningkatan dengan skor rata-rata N-gain 0,54 berada pada kategori sedang. 2) kompetensi literasi sains peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan alat optik di SMP Negeri 01 Bajeng mengalami peningkatan dengan skor rata-rata N-gain 0,40 berada pada kategori sedang. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap peningkatan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng.


Full Text:

PDF

References


Ali, T. G. (2021). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terstruktur. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 1 (7).

Arwan, A., Tawil, M., & Ramlawati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal IPA Terpadu, 5 (1), 19-27.

Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6 (1):45-52.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.

Hasan, A. Z., Ramlawati, & Mamin, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Lilirilau. Jurnal IPA Terpadu, 2 (2).

Harlina, Ramlawati, & Rusli, M. A. (2020). Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas IX Di SMPN 13 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3 (2).

Habiby, W. N. (2017). Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Lailatun, N., Mahdian, & Hamid, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI PMIA SMAN 3 Banjarmasin . Journal of Chemistry and Education, (1) 1.

Muliana, S., Muhiddin, N. H., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Dididk pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP Negeri 15 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 2 (2).

Nugraheni, N. C., Paidi, & Triatmanto. (2017). Kemampuan Literasi Sains kelas X SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi berdasarkan Topografi Wilayah Gunungkidul. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(5), 261-271.

Nurhayati, Saenab, S., & Asriani. (2019). Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas VIII 1 Di SMP Negeri 1 Bulukumba. Jurnal IPA Terpadu, 3 (1), 57-64.

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving. revised edition. Paris: OECD Publishing.

Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2).

Riduwan. 2020. Dasar-Dasar Statistika. Bandung. Alfabeta

Siska, S. A., Setiadi, D., & Citra, D. A. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Literasi Sains. J Pijar MIPA, 15(2) 140-144.

Sari, F. W., Muhiddin, N. H., Yunus, S. R., & Saenab, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Tanasitolo. Jurnal IPA Terpadu, 5 (1), 1-8.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Wefusa. (2015). New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology.

Wulandari, N., & Sholohin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains siswa SMP Pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1), 66-73.

Winata, A., Cacik, S., & Seftia, I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik SDN Siderejo I Tuban pada Materi Daur Air. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Magfira K., Nurhayani H. Muhiddin, Ramlawati Ramlawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.