Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Classpoint Menggunakan Powerpoint Materi Energi Pada Tema 9 Siswa Kelas IV SDN 060852 Madong Lubis

Siti Arpah(1*),

(1) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40698

Abstract


Permasalahan yang diteliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kurangnya ketersediaan media pembelajaran IPA berbasis teknologi di kelas IV SDN 060852 Madong Lubis. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran IPA tema 9 yang layak, praktis, dan efektif digunakan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 060852 Madong Lubis. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar wawancara, kuesioner, dan hasil  nilai pre-tets dan post-test. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran IPA tema 9 yang layak dan praktis digunakan. Hal tersebut sesuai dengan penilaian akhir dari seluruh penilaian validator terhadap media pembelajaran IPAyang dikembangkan dengan persentase rata-rata 85,9% atau dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan uji coba diperoleh respon siswa dengan persentase 89,2% atau dalam kategori “Sangat Baik”. Dan berdasarkan hasil ujicoba efektivitas produk pre-test memperoleh rata-rata 31,3% dan post test 86% hal ini dapat disimpulkan bahwa media sudah sangat efektif digunakan di kelas IV SDN 060852 Madong Lubis.  Disimpulkan bahwa penelitian dan pengmbangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran IPA Classpoint tema 9 yang layak dan efektif untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2009. Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Dian Hadiyani, dkk. 2021. Penerapan Media Presentasi Classpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran. Vol 3, no 3

Mahadewi, Ananda putri. 2014. Pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri bratan II No. 107 surakarta tahun ajaran 2013/2014. Skripsi UMS.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Snaky, H. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Widoyoko, E.P. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiryokusumo, Iskandar. 2011. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 421 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Arpah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.