Pengembangan Keterampilan Komunikasi Sains Calon Guru Menghadapi Era Komunitas 5.0: Analisis Kebutuhan dalam Mata Kuliah Bioteknologi

Septi Kurniasih(1*),

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40695

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat dan perubahan pola komunikasi di era Community 5.0 mengubah proses pembelajaran secara luas. Tuntutan bagi para calon guru untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains, baik secara langsung dan komunikasi dengan bantuan media digital dibutuhkan untuk memastikan proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal. Perkembangan bioteknologi yang juga berkembang pesat di beberapa tahun terakhir menuntut para mahasiswa calon guru untuk dapat responsif terhadap informasi dan mampu menyajikan informasi tersebut secara interaktif. Sayangnya, banyak mahasiswa calon guru belum mampu mengelola informasi dan menyampaikan konsep dan informasi terkait bioteknologi, baik secara lisan maupun tulisan. Untuk itu, perlu adanya studi pendahuluan untuk mengetahui mengetahui aspek-aspek yang dibutuhkan untuk mengembangkan pembelajaran dan sumber belajar yang dibutuhkan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi sains dan pemahaman konsep dalam mata kuliah bioteknologi. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melibatkan 16 responden mahasiswa Program Studi pendidikan IPA yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis kurikulum, observasi dan angket yang kemudian dianalisis secara interaktif, dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, presentasi data dan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) mahasiswa masih belum mampu mengembangkan keterampilan komunikasi sains secara mandiri, baik dari aspek mencari, menerima dan mengolah informasi, maupun menyampaikan informasi melalui berbagai media; (2) perlu adanya sumber dan sumber belajar interaktif dengan bantuan media audiovisual yang memberikan informasi dan latihan terstruktur agar mahasiswa calon guru mengembangkan keterampilan komunikasi sains (3) konten bioteknologi yang perlu disajikan berupa konsep dasar bioteknologi, perkembangan bioteknologi, aplikasi bioteknologi di berbagai bidang, serta etika dalam penerapan bioteknologi.


Full Text:

PDF

References


Achmmad, W. (2018). Hukum Minimum Liebig - Sebuah Ulasan dan Aplikasi Dalam Biologi Kontemporer. 18, 28–32.

Ambarawati, A. (2021). Urgensi Keterampilan Komunikasi Nonverbal Guru Pada Era Society 5.0. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XII(2), 1–18.

Ariyani, E., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Model PjBL terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana …, 7(3), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17318

Camilleri, M. A., & Camilleri, A. C. (2017). Digital Learning Resources and Ubiquitous Technologies in Education. Technology, Knowledge and Learning, 22(1), 65–82. https://doi.org/10.1007/s10758-016-9287-7

Ferreira, R., Alves, B. L., Paiva, S. R. De, Fluminense, U. F., Valonguinho, C., & Castro, H. C. (2018). Teaching Biotechnology : A Demand Still to be Fully Attended. 4, 13–18.

Kulgemeyer, C. (2018). Impact of Secondary Students’ Content Knowledge on Their Communication Skills in Science. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(1), 89–108. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9762-6

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Medina, L. C. (2018). Blended learning: Deficits and prospects in higher education. Australasian Journal of Educational Technology, 34(1), 42–56. https://doi.org/10.14742/ajet.3100

Orhan, T. Y., & Sahin, N. (2018). The impact of innovative teaching approaches on biotechnology knowledge and laboratory experiences of science teachers. Education Sciences, 8(4). https://doi.org/10.3390/educsci8040213

Suprapto, N., Ku, C. H., & Chang, T. S. (2021). “Unless You Can Explain”: Voices of Graduate Students and Their Professor Regarding the Importance of Science Communication Course. Journal of Turkish Science Education, 18(1), 32–53. https://doi.org/10.36681/tused.2021.51


Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Septi Kurniasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.