Pengembangan Bel Cerdas Cermat Dengan Sistem Pengunci Untuk Guru Agar Dapat Mengontrol Pembelajaran Kuis Di Kelas

Rifda Nur Hikmahwati Arif(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40639

Abstract


Dalam mengembangkan alat bel cerdas cermat, ini dirancang khusus untuk menciptakan proses pembelajaran di kelas lebih menarik. Permasalahan yang seringkali muncul pada proses pembelajaran yaitu peserta didik yang merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang berulang dan terkesan membosankan. Pada umumnya, bel cerdas cermat yang sering kita jumpai tidak dilengkapi dengan system yang terkontrol selain itu bel cerdas cermat juga sangat jarang diperjualbelikan dan harga yang cukup mahal. Dengan kondisi ini, hadir inovasi untuk mengembangkan suatu alat berupa bel cerdas cermat yang dilengkapi dengan system pengontrol yang mana guru dapat menentukan grup yang berhak menekan bel. Penelitian ini menggunakan model pengembangan desain Borg and Gall. Bel cerdas cermat yang dikembangkan menggunakan bahan utama yaitu relay dalam jumlah yang lebih sedikit, sehingga lebih hemat daripada bel yang sering dijumpai.


Full Text:

PDF

References


Kusumawati, Dewi dan Bayu Angga Wisryanto. (2018). Perancangan Bel Sekolah Otomatis Menggunakan Mikrontroler Avratmega 328 Dan Real Time Clock Ds3231. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer. 4(1).

Latifah, S. (2017). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Quran pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1).

Masykur, R., Novrizal, dan Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Nugroho, Aryo dkk. 2020. Buku Petunjuk Praktikum Mikrokontroler Arduino. Scopindo.

Nurelah, Elah dan Supriyadi. 2016. Buku Tematik Terpadu Tema 3 Tokoh dan Penemuan.

Subarnas, Nandang. 2004. Terampil Berkreasi. Grafindo.

Ulfah, A. (2014). Pengembangan Media Audio Visual pada Kompetensi Penerapan Teknik Perlakuan Kimiawi Enzimatis di SMKN 2 Indramayu. Universitas Pendidikan Indonesia.

Umi, Christiana. 2019. Arif Cerdas Untuk Sekolah Dasar Kelas 6. Jakarta. Gramedia.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rifda Nur Hikmahwati Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.