Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada Materi Arus Bolak-Balik Berbasis Microsoft Excel

Riefta Wahyu Utami(1*),

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40638

Abstract


Pada masa ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki kontribusi cukup baik dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran fisika, penggunaan bahan ajar digital berbasis microsoft excel merupakan solusi bagi Siswa untuk mengenal dan menggunakan banyak teknologi digital. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik bahan ajar digital pada materi arus bolak-balik dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar digital pada materi arus bolak-balik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R & D) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate). Teknik analisis data yang digunakan adalah CVR-CVI dan skala likert. Penilaian kelayakan bahan ajar digital oleh ahli mendapatkan nilai CVI sebesar 0,84 dengan kategori sangat layak, dan hasil respon siswa mendapatkan nilai persentase rata-rata sebesar 87,66% pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar digital berbasis microsoft excel layak untuk digunakan pada pembelajaran fisika.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Mikrajudin. (2016). Fisika Dasar 1. Bandung: ITB.

Aththibby, A. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i2.238

Buckingham, D. (2010). Defining Digital Literacy. Medienbildung in Neuen Kulturräumen, 59–71. https://doi.org/10.1007/978-3-531-92133-4_4

D. L. Tobing, Fisika Dasar 1, Penerbit Gramedia Jakarta, 1996.

E. ohnson. D, R. Johnson. J, L. John. H.” Electric Circuit Analysis”. Prentice Hall, New Jersey, 1989

Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13, 93–106.

Firdaus, T. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Arus Dan Tegangan Listrik Bolak-Balik Untuk SMA / Ma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 197–203.

Giancoli, Douglas C., Fisika Jilid 2, diterjemahkan oleh Yuhilza Hanum dari. Physics Fifth Edition, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2001

Halliday, David., dkk. (2010). Fisika Dasar Edisi 7 Jilid 2 (terjemahan). Jakarta : Erlangga

Hamid, H. (2013). Pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. CV. Pustaka Setia.

H. Rashid, M. “Power Electronics: Circuits, Devices, and Applications (2nd Edition)”. Prentice Hall, New York, 1993

M. H. Rashid, Power Electronics Handbook, Academic press, 2001

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567

Rahma Elvira Tanjung, D. F. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.

Sears dan Zemansky. 1982. Fisika Universitas. Penerbit Bina Cipta. Bandung; dalam Anwar B. 2008 [Jurnal].

S, M. (2019). Relevance of Information Literacy in Digital Environment. Journal of Information Technology Review, 10(2), 48. https://doi.org/10.6025/jitr/2019/10/2/48-52

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.

Suhendra, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Persamaan Linear dengan Microsoft Excel. Jon Edu, 3 No. 1(081367226195), 14–19.

Supiyanto. 2007. Fisika 3 Untuk SMA Kelas XII. Jakarta: PT. Phibeta Aneka Gama.

Wahyudi., dkk.. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Spreadsheet untuk Siswa SMA Negeri 7 Surakarta. PKMP. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. In Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/SKRIPSI FIX EDI.pdf

Wilson, C., Grizzle, A., Tuazon, R., Akyempong, K., & Cheung, C. K. (2014). Media and information literacy curriculum for teachers. UNESCO Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riefta Wahyu Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.