Penerapan Pendekatan Science, Technology, Enginerring, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII di SMPN 13 Makassar

Nurhayani H. Muhiddin(1*), Muhammad Aqil Rusli(2),

(1) Department of Science Education Faculty of Mathematic and Natural Sciences Universitas Negeri Makassar
(2) Department of Science Education Faculty of Mathematic and Natural Sciences Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40606

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat skor hasil belajarpeserta didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan Pendekatan STEM. (2) Peningkatan skor hasil belajarpeserta didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar yang diajar dengan menggunakan Pendekatan STEM. (3) Adanya peningkatan skor hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar setelah diajar dengan Pendekatan STEM. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One Group PretestPosttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 13 Makassar,  sampel dipilih dengan teknik class random sampling dan terpilih kelas VIII.J yang berjumlah 34 peserta didik sebagai sampel. Instrumen penelitian tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 item soal yang telah divalidasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor hasil belajar peserta didik di SMPN 13 Makassar sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan Pendekatan STEM pada materi pokok cahaya dan alat optik yaitu : 1) rata-rata skor hasil belajar pretest 10,97pada kategori rendah sedangkan posttest 14,65pada kategori sedang. 2) rata-rata skor N-Gain hasil belajar 0,45 berada pada kategori sedang. 3) Hasil Inferensial hasil belajar diporoleh uji-t (uji hipotesis)    thitung = 14,24 > ttabel = 2,03453. Hal ini berarti 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 13 Makassar setelah  menerapkan Pendekatan STEM.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H.A. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Kelas XI MIPA SMAN 2 Sidrap. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Makassar.

Erwin. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Listrik Dinamis Peserta Didik Kelas IX MTs At-Taufiq Padaelo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Makassar.

Hake, R. 1999. Analyzing Change/ Gain Score. Indiana : Indiana University.

Izzati, N., Tambunan, L.R., Susanti, & Siregar, N.A.R. 2019. Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1, 63-74.

Maghfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A.. 2016. Pengaruh Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 1, 1588-1593.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2018. Dasar–dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Rohayati, T., & Ibrahim, Y.. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi. Jurnal Garda Guru, 3,11-20.

Saleh, S. Y., Muhiddin, N. H., & Rusli, M. A.. 2020. Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3, 75-86.

Soimah, H. 2019. Pembelajaran IPA Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Sugiharto, A.. 2020. Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 3, 158-168.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Aa, J. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran STEM – PJBL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9, 28-43.

Toto. 2019. STEM-based Science Learning Design in the 2013 Curriculum. Journal of Physics: Conf. Series 1233, 012094, 1-8.

Wibowo, I.G.A.W. 2018. Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM dan ELearning. Journal of Education Action Research, 2, 315-321.

Yunus, S. R., dkk. 2021. Analisis Hubungan Antara Keterampilan Proses Sains, Motivasi, dan Hasil Belajar IPA Sekolah Calon Guru IPA. Jurnal IPA Terpadu, 5, 28-34.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurhayani H. Muhiddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.