Penerapan LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 8 Makassar (Studi pada Materi Sistem Tata Surya)

Nursam Samal(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v1i1.30577

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 8 Makassar setelah penerapan LKPD Berbasis STEM pada materi sistem tata surya, (2) apakah penerapan LKPD berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 8 Makassar pada materi sistem tata surya. (3) ada tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 8 Makassar setelah penerapan LKPD Berbasis STEM pada materi sistem tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMPN 8 Makassar berjumlah 393 orang. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII.6, VII.7 dan VII.8 dengan total sampel 42 orang peserta didik. Instrumen penelitian berupa test hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) peningkatan hasil belajar peserta didik berada pada ketegori rendah dengan nilai 0.233, 2) penerapan LKPD berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 8 Makassar dengan nilai thitunghasil belajar = 7.31, 4) tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar secara signifikan peserta didik yang diajar menggunakan LKPD berbasis STEM dengan nilai fhitung hasil belajar 0.30.

Full Text:

PDF

References


Artiani, Leni. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Science, Teknology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Picture. Lampung: Universitas Negeri Raden Intan.

Banilaa, Lidya., Hana Lestarib., dan Ridwan Siskandarc. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3 (1).

Bybee, W Rodger. (2013). The Case for STEM Education Challenges and Oppartunities. Amerika: NSTA.

Fitriyah, Lina Arifah., & Humaidillah Kurniadi Wardana. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Unsur, Senyawa, dan Campuran dengan Pendekatan STEM. Jurnal Zarah, 2 (2), 86-92.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skill: Guide to Evaluating Mastery and Authentic Larning. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Jolly, A. (2017). STEM By Design. Strategies and activities for grade 4-8.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Khoiriyah, Nailul., Abdurrahman., & Ismu Wahyudi. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD, 5 (2), 1-10.

Laisnima, Lhony, & Tiurlina Siregar. (2020). Modul Pembelajaran Berbasis Science, Teknology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Peserta Didik pada Materi Redoks dan Sel Ektrolisis. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8 (2), 84-90.

Mahjatia, Nanda., Eko Susilowati., dan Sarah Miriam. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (3), 139-150.

National Research Council. (2011). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington DC: The National Academies Press.

Quratulaini, (2019). Pengembangan LKS IPA berbasis STEM (Sciensi Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP/Mts. Jember: FKIP.

Saputra, Beny., and Agus Sujarwanta. (2021). Transformasi Pembelajaran Berbasis Proyek Science, Technology, Engineering and Mathematics Di Masa Pandemi Covid-19. Biolova, 2 (1).

Sintema, Edgar John. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implications for STEM Education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16 (7).

Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibandingkan Tahun 2015. Diakses dari http://matematohir.wordpreess.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/ diakses pada tanggal 18 Januari 2021.

Torlakson, T. (2014). Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, And Mathematics In California Public Education. Dublin, CA: Californians Dedicated to Education Foundation

Undang-Undang Republik Indonesia No. 30 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 30 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 Tentang Standar Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 675 times | PDF view : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nursam Samal, Ramlawati Ramlawati, Muhammad Aqil Rusli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.