Analisis Hubungan antara Kecerdasan Logis-Matematis dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor

Andi Nur Samsi(1*), Dewi Hikmah Marisda(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah menurunnya hasil belajar fisika peserta didik akibat kurangnya perhatian terhadap kecerdasan yang dimiliki setiap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan tujuan untuk: mendeskripsikan profil kecerdasan logis-matematis peserta didik pada materi suhu dan kalor, mendeskripsikan gambaran hasil belajar fisika peserta didik pada materi suhu dan kalor, dan menganalisis hubungan antara kecerdasan logis-matematis dengan hasil belajar fisika peserta didik pada materi suhu dan kalor. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Gowa tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 241 orang. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik simple random sampling sebanyak 114 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kecerdasan logis-matematis dalam bentuk essay sebanyak 7 soal yang memenuhi kriteria valid dan nilai hasil belajar fisika dari evaluasi guru bidang studi fisika. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai kecerdasan logis-matematis peserta didik dalam kategori tinggi dan rata-rata nilai hasil belajar fisika juga berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis korelasi product moment pada taraf signifikansi () menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan logis-matematis dengan hasil belajar fisika peserta didik.

Full Text:

(116-123) PDF

References


Abbas, A., & Hidayat, M. Y. 2018. Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45-50.

Cahyani, F. G., & Premono, S. 2020. Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Hasil Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Kimia. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(2), 99-107.

Fauziah, Kiki Rizki. 2015. Analisis Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika: Universitas Negeri Makassar, 11(3), 239-244.

Huda, M., & Arief, A. 2013. Pengaruh multiple intelligences menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis kelas X Di SMAN 1 Porong. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Jasmine, J. 2012. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia

Marisda, D. H. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Keperawatan Medis melalui Model Pembelajaran Langsung Berbantukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Kesehatan. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 153-165.

Milsan, A. L., & Wewe, M. 2019. Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65-99.

Putri, J. H. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Dengan Menggunakan PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematika Siswa Dan Motivasi Belajar Siswa (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sugiyono. 2001. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 198 times | (116-123) PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Nur Samsi, Dewi Hikmah Marisda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.