Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Pionering

Muqsitulqadri Syarif(1*), Ahmad Talib(2), Asdar Asdar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Untuk mengurangi tingkat abstraksi matematika, saat ini sudah dikenalkan metode pembelajaran matematika realistik (PMR). Sejalan dengan PMR, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan dan menerapkan pionering sebagai salah satu media pembelajaran matematika realistik, khususnya dalam pembelajaran materi geometri pada siswa SMP kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis perilaku-respon siswa selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan media pionering. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan kuesioner. Sementara teknik analisis data yang digunakan mengacu pada Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan media pionering dalam pembelajaran matematika realistik sangat baik, sebab memudahkan siswa untuk memahami pelajaran, dan dapat membuat sendiri bangun datar maupun bangun ruang yang ingin mereka identifikasi, mulai dari sifat-sifat, unsur-unsur geometri hingga ukurannya. Hasil observasi, siswa relatif sangat antusias ketika proses pembelajaran, dengan aktifnya semua siswa dalam proses pembelajaran matematika.  Dari hasil wawancara dengan guru, mereka menjadi mudah dalam menjelaskan kepada siswa tentang materi bangun datar dan bangun ruang, sebab siswa dapat memvisualkan apa yang mereka bayangkan menjadi sebuah pionering. Siswa relatif sangat menyukai proses pembelajaran matematika dengan menggunakan media pionering, karena mereka dapat mengkonstruksi dan membuat sendiri bangun geometri yang ada dalam benak mereka menjadi nyata, tidak hanya sebatas bayangan dalam pikiran.

Full Text:

(99-106) PDF

References


Advernesia. (2015). Limas Segitiga | Rumus Volume Limas Segitiga dan Luas Permukaan. Diperoleh dari https://www.advernesia.com/blog/matematika/rumus-limas-segitiga/

Advernesia. (2015). Prisma Segitiga | Rumus Volume Prisma Segitiga dan Luas Permukaan Prisma. Diperoleh dari https://www.advernesia.com/blog/matematika/volume-prisma-dan-luas-permukaan-prisma/

Balitbang dan Perbukuan. (2020). Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas Untuk Kondisi Khusus

Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(2).

Holisin, I. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 7(3).

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative data analysis: an expanded sourcebook (2rd ed). London: Sage Publication.

Soedjadi, R (2001). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Realistic Mathematics Education di FMIPA UNESA tanggal 24 Februari 2001.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Wahyuni, D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan).


Article Metrics

Abstract view : 27 times | (99-106) PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muqsitulqadri Syarif, Ahmad Talib, Asdar Asdar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.