Pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Materi Bahan Baku Bioethanol

Aldila Wanda Nugraha(1*),

(1) Universitas Bhinneka PGRI
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan riset adalah menggunakan LKS STEM tentang bioethanol sebagai sumber belajar untuk mengetahui motivasi dan peningkatan aktivitas belajar dari mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan IPA, Universitas Bhinneka PGRI, semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal yaitu pengumpulan data nilai tes mahasiswa semester delapan, angket untuk mengetahui motivasi belajar, dan tabel observasi untuk mengetahui aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal homogen. Tes motivasi c2 menunjukkan bahwa c2 hitung (28.5) dan c2 tabel (7.81) yang bermakna penggunaan LKS STEM dapat meningkatkan motivasi belajar, dan untuk aktifitas belajar mahasiswa pada aspek efektifitas belajar mahasiswa menunjukkan skor tertinggi sebesar 3.47.

Full Text:

(90-98) PDF

References


Asghar, A. (2012). Supporting STEM Education in Secondary Science Contexts. Interdisciplinary Journal of Problem- based Learning. Jilid 6, no 2: (http://dx.doi.org/10.7771/1541- 5015.1349

Becker. K dan Park. K. (2011). Effect of Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) subjects on Students Learning: a Preliminary metaanalisis. Journal of STEM Education, 12 (5-6), 23-25

Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Jones, R.B. (2008). Science, Technology, Engineering and Math diperoleh dari (http:// www. Learning.com.

Heni, A. (2011). Hubungan Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa S1- Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dian Husada Mojokerto. Jurnal Keperawatan, 1(1): 6-9

Ostler, K. (2012). Century STEM Education: A Tectical Model for Long Range Succes. International Journal of Applied Science and Technology. 2(1): 15-17.

Marrison, J. S. (2006). Attribute of STEM Education. Diperoleh dari http:// www.psea.org.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Marzani. (2011). Penerapan E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Konsep Cahaya di SMP. Diperoleh dari http://repository.upi.edu/tesisview.php?no_tesis=1901

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suryabrata, S. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Teti Wahyuni. (2013). Pengaruh Implementasi Lesson Study terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N Banda Aceh pada Konsep Cahaya. Unpublished Tesis pada PPs. Unsyiah. Banda Aceh

Trinandita. (1984). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Sebagai Upaya Membantu Meningkatkan Hasil Belajar. Diperoleh dari http//.media.diknas.go.id/ media/dokumen/ 5098.pdf.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | (90-98) PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aldila Wanda Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.