Media Pembelajaran Interactive Physics Magazine pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls untuk Menumbuhkan Kemampuan Literasi Sains

Suci Prihatiningtyas(1*), Ino Angga Putra(2), Heni Zuliana(3),

(1) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
(2) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
(3) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media Interactive Physics Magazine pada materi momentum dan impuls kelas X MA terhadap kemampuan literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi oleh validator, lembar uji rumpang untuk mengetahui keterbacaanInteractive Physics Magazine, serta angket respon pendidik dan peserta didik. Hasil lembar validasi dan angket respon peserta didik dinilai berdasarkan skala Likert.Hasil analisis data dari hasil validasi Interactive Physics Magazine diperoleh persentase sebesar 88,04%. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan Interactive Physics Magazine yang dikembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi momentum dan impuls pada kelas X SMA/MA. Interactive Physics Magazine merupakan media yang dapat menarik perhatian peserta didik.

Full Text:

(79-89) PDF

References


Arohman, M., Saefudin, S., & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, 13(1). 90-92.

Correia, P.R. Miranda., Valle, B. Xavier., Dazzani, Melissa., Malachias, M.E Infanta. (2010). The Importance of Scientific Literacy in fostering education for Sustainability: Theoretical considerations and preliminary findings from a Brazilian experience. Journal of Cleaner Productions, 18: 678-685.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Hamalik, O. (2008). Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Algesindo.

Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardikawati, R. A. (2016). Pengembangan Majalah Fisika Islami Materi Fluida Statis Untuk Pencapaian Sikap Spiritual Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Fisika , 5 (1): 1-8.

Prihatiningtyas, S., Fatikhatun, ), Sholihah, N., Universitas, ), Wahab Hasbullah, K. A., Garuda, J., 09, N., & Jombang, T. (2020). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Project Based Learning E-Module to Teach Straight-Motion Material for Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 223–234.

Putra. I.A, & Sujarwanto.E. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik melalui bahan ajar Multimedia Interaktif Alat Ukur dan Pengukuran dengan Pendekatan Behavioristik. Momentum : Physics Education Journal, 1(2): 91-102.

Rakhmawan, A., Setiabudi, A., & Mudzakir, A. (2015). Perancangan pembelajaran literasi sains berbasis inkuiri pada kegiatan laboratorium. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1): 143-152.

Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:Kaukaba Dipantara.

Selviani, S., & Anggraini, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika sebagai Suplemen Pembelajaran Terintegrasi Nilai Keislaman. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1): 79-87

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Treacy, Daniel J., Collins, Melissa S. Kosinski. (2011). Using the Writing and Revising of Journal Articles to Increase Science Literacy and Understanding in a Large Introductory Biology Laboratory Course. Atlas Journal of Science Education. 1(2): 29-37.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2): 21-28.

Zahro, R., & Astono, J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik Sma N 1 Pleret Developing Media Of Physics Learning To Increase Students’motivation And Acievment In Physics At 1 Pleret Shs. E-Journal Pendidikan Fisika , 6(3): 215-223.

Triyogantara, N. S., Astono, J., & Si, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika “Physicsmagz” Berbasis Clenovio Apps Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. E-Journal Pendidikan Fisika , 6(3): 215-223.

Mardikawati, R. A. (2016). Pengembangan Majalah Fisika Islami Materi Fluida Statis Untuk Pencapaian Sikap Spiritual Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Fisika , 5 (1): 1-8.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | (79-89) PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suci Prihatiningtyas, Ino Angga Putra, Heni Zuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.