Efektivitas Penggunaan e-Modul dan e-LKPD Berbasis STEAM pada Materi Sistem Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 6 Enrekang

Herlina Herlina(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Hasri Hasri(3),

(1) SMAN 6 Enrekang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v1i1.30546

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan e-modul dan e-LKPD berbasis STEAM untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMAN 6 Enrekang pada materi sistem koloid. Jenis penelitian ini adalahpenelitian pra-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Enrekang berjumlah 33 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas tersebut diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan e-modul dan e-LKPD berbasis STEAM model project based learning. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda yang kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain. Berdasarkan data nilai pretest dan posttest diperoleh nilai n-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata skor posttest adalah 82,73 dan diperoleh persentase ketuntasan kelas sebesar 84,85%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan e-modul dan e-LKPD berbasis STEAM terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem koloid dengan kategori efektivitas tinggi.

Full Text:

PDF

References


Annisa, R., Effendi, M.H., dan Damris. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) Pada Materi Asam dan Basa Di SMAN 11 Kota Jambi. Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Program Pasca Sajana, Universitas Jambi, Indonesia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. DOI: 10.22437/jisic.v10i2.651

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hadinugrahaningsih, T., dkk. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Project Dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta.

Hasanah, L., (2019). Pengembangan modul bioteknologi berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) Dilengkapi Animasi Flash untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA. Tesis Jurusan pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (developmental Research) (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.

Meltzer, D., (2002). The Relationship between Mathematics preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a possible Hidden Variable in Diagnostis Pretest Scores. Departement of Physics ang Astronomy. Iowa Staes University, Ames. IOWA 50011.

Pujiati, A. (2020). Prosiding Seminar Nasional Sains (SINASIS): Penerapan Pendekatan STEAM Pada Materi Struktur Atom Terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Diakses dari: https://scholar.google.co.id/citations?user=UFFuX4MAAAAJ&hl=en.

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A.R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Rasmani, U.E.E., ,Nurjanah, N. E., (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Warsita, B. (2017). Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90.

Yakman, G., Hyongyong, L. (2012). Exploring The Exemplary STEAM Education in the U.S. as a Practical Educational Framework for Korea. J Korea Assoc. Sci. Edu. Vol. 32, No. 6.


Article Metrics

Abstract view : 1101 times | PDF view : 294 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Herlina Herlina, Ramlawati Ramlawati, Hasri Hasri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.