Efektivitas Penggunaan e-Modul dan e-LKPD Berbasis STEAM pada Materi Sistem Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 6 Enrekang
(1) SMAN 6 Enrekang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v1i1.30546
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Annisa, R., Effendi, M.H., dan Damris. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) Pada Materi Asam dan Basa Di SMAN 11 Kota Jambi. Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Program Pasca Sajana, Universitas Jambi, Indonesia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. DOI: 10.22437/jisic.v10i2.651
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hadinugrahaningsih, T., dkk. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Project Dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta.
Hasanah, L., (2019). Pengembangan modul bioteknologi berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) Dilengkapi Animasi Flash untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA. Tesis Jurusan pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (developmental Research) (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.
Meltzer, D., (2002). The Relationship between Mathematics preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a possible Hidden Variable in Diagnostis Pretest Scores. Departement of Physics ang Astronomy. Iowa Staes University, Ames. IOWA 50011.
Pujiati, A. (2020). Prosiding Seminar Nasional Sains (SINASIS): Penerapan Pendekatan STEAM Pada Materi Struktur Atom Terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Diakses dari: https://scholar.google.co.id/citations?user=UFFuX4MAAAAJ&hl=en.
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A.R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Rasmani, U.E.E., ,Nurjanah, N. E., (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305
Warsita, B. (2017). Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90.
Yakman, G., Hyongyong, L. (2012). Exploring The Exemplary STEAM Education in the U.S. as a Practical Educational Framework for Korea. J Korea Assoc. Sci. Edu. Vol. 32, No. 6.
Article Metrics
Abstract view : 1077 times | PDF view : 292 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Herlina Herlina, Ramlawati Ramlawati, Hasri Hasri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.