Analisis STEM Team Project Based Learning pada Pemanfaatan Limbah Serat Pelepah Pisang Sebagai Bahan Pembuatan Genteng Elastis Metode Cetak Tekan

Elok Ana Nuraini(1*), Luthfi Hanum Saputri(2), Leni Sintawati(3), Muhamad Taufiq(4),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis STEM Team Project Based Learning pada pemanfaatan limbah serat pelepah pisang sebagai bahan pembuatan genteng elastis metode cetak tekan. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif-kualitatif melalui analisis mendalam dan reviuw literatur untuk mengkaji STEM Team Project Based Learning pada pemanfaatan limbah serat pelepah pisang sebagai bahan pembuatan genteng elastis metode cetak tekan secara komprehenship. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur Science (S), Technology (T), Engineering (E), dan Mathematics (M) pada pemanfaatan limbah serat pelepah pisang sebagai bahan pembuatan genteng elastis metode cetak tekan sebagai sumber belajar yang komprehenship Team Project Based Learning perkuliahan IPA terpadu yang dapat memfasilitasi mahasiswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah proyek, memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran, lebih aktif dalam mengelola ide memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata. Disimpulkan bahwa melalui Team Project Based Learning pada pemanfaatan limbah serat pelepah pisang sebagai bahan pembuatan genteng elastis metode cetak tekan dapat memfasilitasi penerapan konteks STEM secara komprehensif pada perkuliahan IPA terpadu.


Full Text:

(71-78) PDF

References


Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.

Bybee, R. (2013). STEM education challenges and opportunities. Virginia: NSTA Press.

Budhi, H. S., & Fawaida, U. (2021). Pengembangan Perangkat Dan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Kuliah Ipa Terpadu Melalui Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics). Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 99-111.

Bruton, Richard. (2017) STEM Education Policy Statement. Irlandia: Department Education and Skill, Irlandia.

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2021). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596-603.

Han, S., Yalvac, B., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2015). In-service teachers’ implementation and understanding of STEM project based learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(1), 63-76.

Hariyanto, H., Yamtinah, S., Sukarmin, S., Saputro, S., & Mahardiani, L. (2019). Penerapan model project based learning (PjBL) terintergrasi pendekatan STEM dalam meningkatkan pemahamahan konsep peserta didik di salah satu sekolah daerah Tangerang Selatan. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 256-261).

Oktavia, R. (2019). Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. Semesta: Journal of Science Education and Teaching, 2(1), 32-36.

Revee, Edward M. (2015). Science, Technoogy, Engineering, & Mathematics is Here to Stay. Thailand: Utah State University.

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 471-478).

Sahin, A. (2015). STEM students on the stage (SOS): Promoting student voice and choice in STEM education through an interdisciplinary, standards-focused project based learning approach. Journal of STEM Education, 16(3).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Solehayati, R. (2020). Penerapan model Project Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi alat–alat optik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 192-193.

Sukmana, R. W. (2018). Implementasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 1(2), 113-119.

Ulfa, F. M., Asikin, M., & Dwidayati, N. K. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Pembelajaran PjBL terintegrasi Pendekatan STEM. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 612-617).


Article Metrics

Abstract view : 42 times | (71-78) PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Arianti Basri, Nurhayani H. Muhiddin, Noor Fauziatul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.