Penerapan Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Materi Animalia Terintegrasi Karakter Kewirausahaan dan Keterampilan Proses Sains

Evi Sulistia Wati(1*),

(1) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan project based learning dalam upaya mengembangkan karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA N 1 Muaro Jambi. Model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa atau peserta didik dalam investigasi masalah-masalah mendesak yang berakhir pada produk-produk autentik, yang dapat menunjang pada kemahiran peserta didik dalam menghadapai pembelajaran abad 21. Salah satu keunggulan dari model pembelajaran project based learning yaitu siswa dibimbing untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Dengan penerapan project based learning, karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains dapat berkembang. Karena pada keterampilan proses sains dan karakter kewirausahaan yang diamati dalam penelitian ini berupa kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, memecahkan masalah berbasis proyek, berpikir logis dan membuat keputusan dengan tepat serta dapat menarik kesimpulan.

Full Text:

(30-39) PDF

References


Blumhof, J., Hall, M., Honeynone, A. 2001. Using Problem Based Learning to Develop to Graduate Skills, dalam Planet Spescial Edition. Case Studies in Problem Based Learning (PBL) from Geography, Earth dan Environmental Science. LTSN. 6-10. UK

Delisle, Robert. 1997. How to Use Problem Based Learning in The Classroom. Alexandria, USA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Dharma, Surya. (2019). Bahan Ajar Fleksibel : Kewirausahaan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Elfinfri, dkk. (2010). Soft skill dan Hard skill untuk Pendidik. Baduose Media.

English, M. C. , & Kitsantas, A. (2013). Supporting Student Self-Regulated Learning in Problem- and Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. Vol. 7 (2). Pp. 128-150. Available at: https://doi.org/10.7771/1541-5015.1339

ILO.(2005). Modul 1 : Apakah Usaha dan Kewirausahaan itu?. Turin, Italy : International Training Centre, ILO.

Kropf, Dorothy C,.(2013). Connectivism: 21st Century’s New Learning Theory’, European Journal of Open, Distance and E-Learning.

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557

Lynch, Cindy L. & Wolcoot, Susan K. 2001. Helping Your Students Develop Critical Thinking Skills. Idea Paper 337. Diakses melalui http:// www1.ben.edu/programs/faculty resources/ IDEA/PApers/Idea Paper 37%20 Helping%20 Your% 20Students %20Develop %20Criti cal%20Thinking%20Skills.pdf Diakses pada 29 Juli 2021.

Marx, R.W, Blumenfeld, P.C, Krajcik, J.S. Fishman, B., Soloway, E., Geier,R., dan Revital, T.T. (2004). Inquiry-based science in the middle grades: Assessment of learning in urban systemic reform. Journal of Research in Science Teaching, 41 (10), 1063-1080.

Newman, Mark J. 2005. Problem Based Learning: An Introducing and Overview of the Key Features of the Approach. JVME. 32 (1) : 12-20.

Nugraha, Ali. (2005). Sains dalam Ilmu Pengetahuan. Bandung: Pustaka Setia.

Oemar, Hamalik. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. (alfabeta, Ed.). bandung.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar, Teori, dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Wahyuni, Sri. 2011. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning. Diakses melalui http://ebookbrowsee.net/40-sri-wahyuni-pdfd243266722.

Walker, Andrew & Heather Leary. 2009. A Problem Based Learning Meta Analysis: Differences Across Problem Types, Implementation Types, Disciplines, and Assessment Levels. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. 3 (1). 12-43

Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175.


Article Metrics

Abstract view : 70 times | (30-39) PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Evi Sulistia Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.