Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Materi Kalor dan Perpindahannya dalam Buku Ajar IPA Terpadu Kelas VII SMP

Sri Rahayu Faradilla(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada buku ajar IPA terpadu kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah buku ajar IPA terpadu SMP Kelas VII Kemdikbud RI Revisi 2017, dipilih berdasarkan survey buku yang paling banyak digunakan di SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada materi kalor dan perpindahnnya yaitu, aspek science diperoleh persentase 100% pada kategori tinggi. Aspek technology diperoleh persentase 40% pada kategori rendah. Aspek engineering diperoleh persentase 85% pada kategori tinggi dan Aspek mathematics diperoleh persentase 85% pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada materi kalor dan perpindahannya, persentase kesesuaian STEM sebesar 77,5% berada pada kategori tinggi.

Full Text:

(23-29) PDF

References


Agnezi, L. A., Khair, N., & Yolanda, S. (2019). Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester 1 Terkait Komponen Science, Technology , Engineering , Mathematics ( STEM ). 3. Program Studi Magister Pendidikan Fisika Pasca Sarjana Universitas Padang

Anjarsari, P., Prasetyo, Z. K., & Susanti, K. (2020). Developing technology and engineering literacy for Junior High School students through STEM-based science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012107

Ardiyansyah, M. (2017). Analisis Kesalahan Konsep pada Buku Teks Biologi Kelas X di SMA Negeri Kota Malang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan Universitas Muhammadiyah Malang

Artiani, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Berbasis Picture. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional.

Beers, S. (2011). 21st Century Skills : Preparing Student for Their Future. Diakses dari http://www.yinghuaacademy.org/wpcontent/uploads/2014/10/21st century skills.pdf. pada tanggal 16 April 2020

Bybee, W Rodger. (2013). The Case for STEM Education Challenges and Oppartunities. Amerika: NSTA.

Chen, L., Yoshimatsu, N., Goda, Y., Okubo, F., Taniguchi, Y., Oi, M., Konomi, S., Shimada, A., Ogata, H., & Yamada, M. (2019). Direction of collaborative problem solving-based STEM learning by learning analytics approach. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14s(1). https://doi.org/10.1186/s41039-019-0119-y

Dale J. Benos, Kevin L. Kirk and John E. Hall. (2011). HOW TO REVIEW A PAPER, experienced, http://users.ecs.soton.ac.uk/hcd/reviewing.html (03 Feb 2011).

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., & Nurlaela, L. (2020). STEM Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. 17(1), 33–42.

Hugh, D. (2011). How to Review a Paper: A guide for newcomers and a refresher for the. http://advan.physiology.org/content/27/2/47.full (03 Feb 2011).

Kennedy, T., & Odell, M. (2014). Engaging Students In STEM Education. Science Education International, 25(3), 258

Laboy-Rush, D. (2017). Integrated STEM education through project-based learning. (Online), (www.learning.com/stem/whitepaper/integrated-STEM-throughProject-based-Learning), diakses pada 21 April 2020.

Marrison, J. S. (2006). Atrribute of STEM Education. (Online). Tersedia di http://www.psea.org [diakses 17 April 2020].

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Hasil Belajar Peserta didik; Studi Meta Analisis. Prosiding Semnas Pensa vi “Peran Literasi Sains” tanggal 20 Desember 2014. Surabaya. Tersedia di [diakses 17 April 2020].

Mayo, M. J. (2009). Video Games; A Route to Large-Scale STEM Education. Science, 323, pp. 79-82

Meltzer, D. E. (2002). Addendum To The Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gains In Physic; A Possible – Hidden Variable” In Diagnostic Pretest Scores” Diakses dari http://physic.iastate.edu/per/docs/Addendum on normalized gain.pdf. pada tanggal 16 April 2020

Murwianto,S., Sarwanto, & Sentot B.R. (2017). STEM-Based Learning in Junior High School: Potensi for Training Student’ Thinking Skill. Pancaran Pendidikan FKIP Universitas Jember 6(4): 69-80

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, penulisan dan pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Oktavia, R. (n.d.). (2018). Bahan Ajar Berbasis Science , Technology , Engineering , Mathematics ( STEM ) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. 32–36.

Popkova, E. G., Ragulina, Julia V., Bogoviz, Aleksei V. (2019). Industry 4.0: Industrial Revolution of the 21st Century. Springer International Publishing AG, part of Springer Nature

Salinan Permendikbud No 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan, 2016.

Sonar. (2018). The Effect of STEM-Based Worksheet on Students’ Science Literacy. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 89. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2141

Suvina, N. (2020). Analisis Pertanyaan Hots (Higher Order Thinking Skills) Dalam Buku Teks SMK/MAK Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Torlakson. (2014). Innovative Ablueprint for Science, Technology, Engineering and Mathematics”. California : Departement of Education

Wilkinson, J. (1999). A Quantitative Analysis of Physics for Scientific Literacy Themes. Research in Science Education, 29(3): 385-399.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | (23-29) PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Rahayu Faradilla, Ramlawati Ramlawati, Sitti Rahma Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.