Desain Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendekatan STEM

Ramlawati Ramlawati(1*), Sitti Rahma Yunus(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan penerapan sains dan teknologi melalui teknik dengan berlandaskan unsur-unsur matematis. Desain pembelajaran STEM dapat diimplementasikan dengan model pembelajaran berbasis projek (PjBL), problem based learning (PBL), dan model pembelajaran Inkuiri. Implementasi pendekatan STEM dapat meningkatkan keterampilan  berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah peserta didik. Tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendekatan STEM adalah sulit mendesain pembelajaran menggunakan pendekatan STEM  terutama dalam mengaitkan keempat komponen  STEM. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai STEM dan desainnya dalam pembelajaran sains.       Metode penelitian yang digunakan metode survey deskriptif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah guru IPA sebanyak 167 orang. Instrumen yang diberikan adalah instrumen tentang implementasi pendekatan STEM dalam pembelajaran IPA. Selain memberikan survey, penelitian ini juga mengkaji secara teoritis desain pembelajaran dengan pendekatan STEM. Hasil survei yang diberikan kepada 167 orang  guru, menunjukkan bahwa 7% guru baru mendengar istilah STEM, 43% belum pernah mengembangkan perangkat pembelajaran STEM, 40% mengimplementasikan STEM dalam pembelajaran, dan 50% mengalami kesulitan menerapkan STEM, serta 58% menyatakan paling sulit memahami STEM pada komponen engineering. Hasil kajian  menunjukan  bahwa  sains  berkaitan  erat  dengan  teknologi  sehingga  implementasi STEM dapat menjadi salah satu inovasi pada pembelajaran sains untuk menghadapi era 4.0. Desain pembelajaran STEM dapat diimplementasikan pada berbagai model pembelajaran seperti PjBl, PBL, dan Inquiry sehingga terjadi penambahan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan abad 21 peserta didik.

Full Text:

(15-22) PDF

References


Fitriansyah, R., Werdhiana, I. K., & Saehana, S. (2021). Pengaruh Pendekatan STEM dalam Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Kerja Ilmiah Materi IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 225. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3598

Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776

Jolly, A. (2019). STEM By Design. Strategies and Activities For Grade 4-8.

Miyarso, E. (2021). Perancangan Pembelajaran inovatif. Modul PPG Kemendikbud.

National Research Council. (2011). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington DC: The National Academies Press.

Saputra, Beny., and Agus Sujarwanta. (2021). Transformasi Pembelajaran Berbasis Proyek Science, Technology, Engineering and Mathematics Di Masa Pandemi Covid-19. Biolova, 2 (1).

Saputri, A. Y., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2020). Implementasi Pendekatan Stem Berbasis Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kecemasan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 118–128. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11593

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project-Based Learning Terhadap Pemahaman. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), hal. 145.

Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 133–137. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183

Sumartati, L. (2020). Science , Technology , Engineering and Mathematics Approach in Chemistry Learning 4 . 0 Pendekatan Science , Technology , Engineering and Mathematics Dalam Pembelajaran Kimia 4 . 0, 1(1), 1–8.

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). 済無No Title No Title No Title. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 1(April), 5–24.

Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibandingkan Tahun 2015. Diakses dari http://matematohir.wordpreess.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/ diakses pada tanggal 18 Januari 2021.

Torlakson, T. (2014). Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, And Mathematics In California Public Education. Dublin, CA: Californians Dedicated to Education Foundation

Widyawati, Y. F. (2020). Model Inkuiri dan Pendekatan STEM Dengan Proyek Termotolsi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Suhu dan Kalor Pada Peserta Didik Kelas VIIa di SMPN 1 Jenggawah. Jurnal Edukasi, 7(3), 12. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21600


Article Metrics

Abstract view : 147 times | (15-22) PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ramlawati Ramlawati, Sitti Rahma Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.