Pengembangan Video Animasi Menggunakan Model 4D Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini
(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(4) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Perkembangan teknologi informasi sangat pesat, seiring dengan penggunaan video animasi sebagai
satu pilihan yang dapat dipilih oleh guru. Pada kondisi ini guru diharapkan menjadi fasilitator yang dapat
membantu siswa dalam proses belajarnya, sehingga mampu menciptakan suasana proses belajar yang
menyenangkan dengan memberikan berbagai alternatif media dan sumber belajar kepada siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengembangkan video animasi sebagai sumber belajar siswa pada tema transportasi
darat. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan model 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu; define,
design, develop, dan disseminate. Hasil dari penelitian ini adalah berupa video animasi yang dapat digunakan
dalam proses pembelajaran, dan berdasarkan kelayakan ahli media memperoleh nilai rata- rata 82,5% dengan
katagori sangat layak, validasi ahli materi rata-rata 85,83% dengan katagori sangat layak dan kepraktisan
media adalah 82,80%. Respon peserta didik pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 86,76% dengan
kriteria sangat menarik, sedangkan uji keefektivan memperoleh rata-rata skor sebesar 0,78 dengan kategori
sangat tinggi.
Article Metrics
Abstract view : 382 times | PDF view : 35 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.