PENGEMBANGAN KONTEN MICROLEARNING BERBASIS GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MANDIRI MAHASISWA

Syahrullah Disa(1*), Purnamawati Purnamawati(2), Andi Idkhan Muhammad(3),

(1) Universitas Teknologi Akba Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Media pembelajaran dengan konsep gamifikasi menjadi salah satu solusi dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan suatu media pembelajaran gamifikasi pada praktikum mata kuliah algoritma pemrograman yang layak dan efektif untuk digunakan. Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Research and Development (R&D), yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation (ADDIE). Media pembelajaran gamifikasi dikembangkan menggunakan unity, 2D approval dibuat menggunakan CorelDraw, kemudian dikemas menggunakan unity. Aplikasi ini dioperasikan menggunakan perangkat Smartphone Android. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Teknologi Akba Makassar. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian, dianalisis secara kuantitatif. Produk yang dihasilkan telah melalui tahap validasi kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. Untuk mengetahui persepsi kegunaan produk yang dihasilkan, maka dilakukan uji coba kelompok kecil yang melibatkan 5 (lima) mahasiswa dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 30 (tiga puluh) mahasiswa. Berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan ahli diperoleh skor sebesar 83,07% dengan kategori sangat layak. dan respon siswa sebesar 82,12% dengan kategori menarik dan sangat bermanfaat dan efektif

Full Text:

PDF

References


Skalka, Ján, & Drlík, M. 2018. Conceptual framework of

microlearning-based training mobile application for

improving programming skills.

https://doi.org/10.1007/978-3-319-75175-7_22

Sani, P. 2020. Microlearning vs E-learning. [online].

Available: Https://Www.Sunedu.Id/En-Microlearningvs-e-Learning/. [Accessed 13 Juni 2022]

Sun, G., Cui, T., Guo, W., Beydoun, G., Xu, D., & Shen,

J. “Micro learning adaptation in MOOC: A software as

a service and a personalized learner model. Lecture

Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture

Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in

Bioinformatics), 9412, 174–184. (2015).

Malamed, C. (2018). Is Microlearning The Solution You

Need? [online]. Availabel:

http://theelearningcoach.com/ elearning2-0/what-ismicrolearning/. [accssed 11 Mei 2022]

Berkowitz, M. Grovo’s Microlearning Framework: 4

Keys to Creating Great Content. [online]. Available:

Https://Blog.Grovo.Com/Grovos-MicrolearningFramework-Keys-Creating-Great-Content/. [accessed

Mei 2022]. 2019.

Qr Code Educational Game Application on Android With

Qr Code”. 6(1), 1416–1423. (2019).

Astrilia K. “Gamifikasi pembelajaran menggunakan

metode permainan”. [Online]. Available:

https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr703944292/. [Accessed 27 Juli 2022]. (2022).

G. Zichermann, “ Gamification Master Class, “ O’Reilly

Media, 2011

G. Zichermann and C. Cunningham , Gamification by

Design: Implementing Game Mechanics in Web and

Mobile Apps, Sebastopol: O'Reilly Media, 2011.

I. Glover, "Play As You Learn : Gamification as a

Technique for Motivating Learners," in Proceedings of

World Conference on Educational Multimedia,

Hypermedia and Telecommunications, Hypermedia and

Telecommunications, 2013

Rahman, E. S., & Vitalocca, D. Analisis usabilitas

menggunakan use questionnaire pada sistem informasi

smk negeri 3 makassar. Jurnal Mekom, 5, 16–22. (2018)


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.