PENGARUH PERSEPSI PROFESI, MINAT, DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA KEPENDIDIKAN

Agung Dia Winarno(1*), Ika Febriati(2),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author



Abstract


Kesiapan mengajar mahasiswa keguruan seringkali linier dengan persepsi, minat dan sikap keguruan mereka, meskipun banyak ditemukan bahwa tidak sedikit lulusan yang justru tidak menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh persepsi tentang profesi guru, minat profesi guru, dan sikap keguruan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa. Pendekatan yang digunakan deskriptif kuantitatif expose facto. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (UM). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup berdasarkan indikator tiap variabel. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, setelah melalui uji asumsi klasik yang disyaratkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persepsi dan minat menjadi guru serta kesiapan mengajar tergolong cukup, sikap keguruan tergolong baik. Uji regresi memberikan informasi bahwa persepsi tentang profesi guru minat profesi guru dan sikap keguruan berpengaruh positip signifikan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa kependidikan.

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I, and M Fishbein, Understanding

Attitudes and Predicting Social

Behavior (Englewood Ciffs, NJ:

Prentice Hall, 1980)

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Pengajaran

Secara Manusiawi (Jakarta: Raneke

Cipta, 1990)

Dalyono, M, Psikologi Pendidikan, 1st edn

(Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005)

Djaali, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Bumi

Aksara, 2007)

Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru

Berdasarkan Pendekatan

Kompetensi (PT Bumi Aksara, 2002)

Hanushek, E. A, and R.R Pace, Who Choose to

Teach (and Why)?, 14th edn, 1995

Hasibuan, Maria Stefani, ‘Pengaruh Persepsi

Pada Profesi Guru, Peran Guru

Pamong Dan Hasil Belajar

Mahasiswa Terhadap Kesiapan

Menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan

Ekonomi Angkatan 2012 Fakultas

Ekonomi Unimed’, 2016

Hurlock, Elizabeth B., Psikologi

Perkembangan (Jakarta: PT. Gelora

Aksara Pratama, 2004)

Imran, Ali, Pembinaan Guru Di Indonesia

(Jakarta: Pustaka Jaya, 1995)

Indramawan, a, and N Hafidhoh, ‘Pendidikan

Karakter Sebagai Upaya

Meningkatkan Semangat Belajar’,

SEMDIKJAR: Seminar Pendidikan

Dan Pembelajaran, 2019, 477–85

http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.a

c.id/index.php/SEMDIKJAR/article/

view/53

Josep, P.B, and N Green, Perspective On

Reason for Becoming Teachers, 37th

edn (Journal Of Teacher Education,

Kreitner, Robert, and Angelo Kinicki, Perilaku

Organisasi (Jakarta: Salemba Empat,

Kurniasari, Istiana Dewi, ‘Pengaruh Minat

Menjadi Guru Dan Praktik

Pengalaman Lapangan (PPL)

Terhadap Kesiapan Mengajar

Mahasiswa Calon Guru Program

Studi Pendidikan Akuntansi

Angkatan 2012 FE Universitas

Negeri Yogyakarta’, 2016, 1–69

Kuswana, Wowo Sunaryo, Taksonomi Berfikir

(Bandung: PT Remaja Rosda Karya,

Maipita, Indra, and Tri Mutiara, ‘Pengaruh

Minat Menjadi Guru Dan Praktik

Program Pengalaman Lapangan

(PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi

Guru Pada Mahasiswa Jurusan

Ekonomi Universitas Negeri

Medan’, Jurnal Ekonomi

Pendidikan, 6.6 (2018), 34–43

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/inde

x.php/ekodik/article/view/10777

Narwati, Liza Alifia, ‘Pengaruh Minat Profesi

Guru Dan Sikap Keguruan Terhadap

Kesiapan Mengajar Mahasiswa

Pendidikan Administrasi

Perkantoran Angkatan 2010 Fakultas

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN LPTKNI 2022

Ekonomi Universitas Negeri

Yogyakarta"’, 2014

Park, M.H., D.M. Dimitrov, L.G. Patterson,

and D.Y. Park, ‘Early Childhood

Teachers Beliefs About Readiness

for Teaching Science, Technology,

Engineering, and Eathematics’, 15,

–91

Puspitasari, Winda, and Asrori, ‘Pengaruh

Persepsi Profesi Guru Dan

Keefektifan Praktik Pengalaman

Lapangan Terhadap Kesiapan

Menjadi Guru Dengan Efikasi Diri

Sebagai Variabel Inervening’,

Economic Education Analysis

Journal, 8.3 (2019), 1061–78

https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.3

Rahayu, Komang Novita Sri, ‘Sinergi

Pendidikan Menyongsong Masa

Depan Indonesia Di Era Society 5.0’,

Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar,

1 (2021), 87–100

https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/

index.php/edukasi/article/view/1395

Richardson, Paul W, and Helen M G Watt, ‘“ I

” ve Decided to Become a Teacher ’:

Influences on Career Change’, 21

(2005), 475–89

https://doi.org/10.1016/j.tate.2005.0

007

Rohayari Ratu, Kristiana, ‘Hubungan Antara

Minat Prpfesi Guru Dan Sikap

Keguruan Dengan Kesiapan

Mengajar Mahasiswa Program Studi

Pendidikan Ekonomi, Fakultas

Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma’, 2018,

–175

Serow, R. C, and K. D Forrest, Motives and

Circumstances: OccupationalChange Experiences of Prospective

Late-Entry Teachers, 10th edn, 1994

Setiyadi, Fitri Handayani, ‘Hubungan Minat

Profesi Guru Dan Sikap Keguruan

Dengan Kesiapan Mengajar

Mahasiswa Program Studi Pedidikan

Administrasi Perkantoran Fakultas

Ekonomi Universitas Negeri

Yogyakarta’, 2017

Silfia, Mira, ‘Penguatan Pendidikan Karakter

Dalam Menghadapi Era Revolusi

Industri 4 . 0’, Prosiding Seminar

Nasional FIS, 2 (2018), 642–45

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhinya, ed. by Subadi

Tjipto (Jakarta: PT Rineka Cipta,

———, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhinya (Jakarta, 2010)

Strakova, Z, ‘The Perception of Readiness for

Teaching Profession: A Case of PreService Trainees’, 2015, 32–42

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar

Mengajar (Bandung: Sinar Baru

Algensido Offset, 2004)

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan

(Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Susiani, Ida, ‘Pengaruh Persepsi Terhadap

Kesejahteraan Guru PAUD Dengan

Minat Menjadi Guru Pada

Mahasiswa PG PAUD FIP UNNES’,

Thoha, Miftah, Perilaku Organisasi Konsep

Dasar Dan Aplikasinya (Grafindo

Persada, 2002)

Ulin, Fahmi, and Nina Oktarina, ‘Pengaruh

Minat Profesi Guru, Locus Of

Control Iinternal, Pperan Guru

Pamong Dan Prestasi Belajar

Terhadap Kkesiapan Mahasiswa

Menjadi Guru’, Economic Education

Analysis, 3.2 (2014), 336–42

Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum

(Yogyakarta: ANDI Yogyakarta,


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.