Pengembangan Web-Based Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Sekolah Dasar

Yurniwati Yurniwati(1*), Cecep Kustandi(2),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author



Abstract


Guru yang berkualitas berkontribusi pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas guru adalah pengetahuan konten pedagogis. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk memperbarui dan memelihara kemampuan pengetahuan konten pedagogis guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Web-Based Pedagogical Content Knowledge untuk mengembnagan kompetensi mengajar matematika guru sekolah dasar. Studi penelitian dan pengembangan menggunakan model ILDF terdiri dari tiga fase: eksplorasi, pemberlakuan, dan evaluasi. Studi ini melibatkan 95 guru SD. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan data dianalisis secara deskriptif. Temuan studi menunjukkan bahwa Web-Based Pedagogical Knowledge memperoleh skor kategori tinggi dalam penilaian ahli materi, ahli media dan uji pengguna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Web Based Pedagogical Content Knowledge sangat layak digunakan untuk mengembangkan PCK guru SD.
Kata kunci : Guru, Matematika, Pedagogical Content Knowledge, Website


Full Text:

PDF

References


G. Almerich, J. Suárez-Rodríguez, I. Díaz-García, dan S. Cebrián-Cifuentes, "Kompetensi abad ke-21: Hubungan kompetensi TIK dengan kapasitas berpikir tingkat tinggi dan kompetensi kerja tim pada mahasiswa," J. Comput. Bantu. Belajar. , vol. 36, no. 4, hlm. 468–479, 2020, doi: 10.1111/jcal.12413.

T. S. Kutaka dkk. , "Menghubungkan Pengembangan Profesional Guru dan Prestasi Matematika Siswa: Studi 4 Tahun dari Program Spesialis Matematika Dasar," J. Teach. Educ. , vol. 68, no. 2, hlm. 140–154, 2017, doi: 10.1177/0022487116687551.

C. Y. Charalambous, H. C. Hill, M. J. Chin, dan D. McGinn, Pengetahuan dan pengetahuan konten matematika untuk pengajaran: mengeksplorasi perbedaan dan kontribusinya terhadap pembelajaran siswa, vol. 23, no. 6. Springer Belanda, 2020.

S. Valiandes dan L. Neophytou, "Pengembangan profesional guru untuk pengajaran yang berbeda di ruang kelas dengan kemampuan campuran: menyelidiki dampak program pengembangan pada pembelajaran profesional guru dan pada prestasi siswa," Teach. Dev. , vol. 22, no. 1, hlm. 123–138, 2018, doi: 10.1080/13664530.2017.1338196.

R. Yu dan K. Singh, "Dukungan guru, praktik instruksional, motivasi siswa, dan prestasi matematika di sekolah menengah," J. Educ. , vol. 111, no. 1, hlm. 81–94, 2018, doi: 10.1080/00220671.2016.1204260.

J. E. Lee, "Persepsi calon guru sekolah dasar tentang koneksi kehidupan nyata tercermin dalam mengajukan dan mengevaluasi masalah cerita," J. Math. Teach. , vol. 15, no. 6, hlm. 429–452, 2012, doi: 10.1007/s10857-012-9220-5.

L. S. Shulman, "Pertumbuhan Pengetahuan dalam Pengajaran," Educ. , vol. 15, no. 2, hlm. 4–14, 1986.

S. Tröbst, T. Kleickmann, F. Depaepe, A. Heinze, dan M. Kunter, "Pengaruh instruksi pada pengetahuan konten pedagogis tentang pecahan dalam matematika kelas enam pada pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogis," Unterrichtswissenschaft, vol. 47, no. 1, hlm. 79–97, 2019, doi: 10.1007/s42010-019-00041-y.

D. R. Grieser dan K. S. Hendricks, "Tinjauan Sastra: Pengetahuan Konten Pedagogis dan Persiapan Guru String," Updat. Appl. Res. Musik Educ. , vol. 37, no. 1, hlm. 13–19, 2018, doi: 10.1177/8755123318760970.

J. O'Shea dan A. M. Leavy, "Mengajar pemecahan masalah matematika dari perspektif konstruktivis yang muncul: Pengalaman guru sekolah dasar Irlandia," J. Math. Teach. Educ. , vol. 16, no. 4, hlm. 293–318, 2013, doi: 10.1007/s10857-013-9235-6.

J. E. Lee, "Pengetahuan Konten Pedagogis Guru Prasekolah dalam Matematika," Int. , vol. 49, no. 2, hlm. 229–243, 2017, doi: 10.1007/s13158-017-0189-1.

B. Rittle-Johnson, M. Schneider, dan J. R. Star, "Not a One-Way Street : Bidirectional Relations Between Procedural and Conceptual Knowledge of Mathematics," Educ. Psychol. Rev., vol. 27, no. 4, hlm. 587–597, 2015, doi: 10.1007/s10648-015-9302-x.

J. A. Van de Walle dkk. , Matematika tahun dasar dan menengah : mengajar secara perkembangan. Pearson Australia, 2019.

H. E. Zuya, D. B. Matawal, dan K. S. Kwalat, "Pengetahuan Konseptual dan Prosedural tentang Guru Pra-layanan dalam Geometri," Int. J. Innov. Educ. Reasearch, vol. 5, no. 1, hlm. 30–38, 2017.

D. C. Richardson, "Calon guru mengembangkan ide-ide pecahan: Studi kasus tentang gerakan instruktur.," Diss. Soc. Sci. , vol. 80, no. 7-A(E), hlm. No-Specified, 2019, [Online]. Tersedia: http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=psyc16&NEWS=N&AN=2019-41130-095.

J. Gess-Newsome, J. A. Taylor, J. Carlson, A. L. Gardner, C. D. Wilson, dan M. A. M. Stuhlsatz, "Pengetahuan konten pedagogis guru, praktik, dan prestasi siswa †," Int. J. Sci. Educ. , vol. 41, no. 7, hlm. 944–963, 2017, doi: 10.1080/09500693.2016.1265158.


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.