PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19

Nina Oktarina(1*), Ahmad Sehabuddin(2), Edy Suryantp(3),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author



Abstract


Pandemi COVID 19 yang melanda banyak negara tidak hanya berdampak pada dunia usaha tetapi juga pada dunia pendidikan. Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena wabah COVID 19. Kondisi ini menyebabkan pemerintah mengeluarkan kebijakan social distancing dan work from home (WFH). Kemendikbud telah mengatur kebijakan melalui Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang pembelajaran di rumah. Begitu pula kegiatan pembelajaran di Perguruan Tinggi dilaksanakan secara daring selama pandemi COVID 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada perguruan tinggi dan problematikanya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring pada perguruan tinggi belum berlangsung secara optimal. Hal ini disebabkan oleh permasalahan yang bersifat teknis dan non teknis. Permasalahan yang bersifat teknis meliputi access internet dan kualitas media belajar (hp atau laptop). Sedangkan permasalahan non teknis meliputi kondisi sosial ekonomi dari orang tua mahasiswa, kemampuan IT dari mahasiswa, dan masalah psikologis dari mahasiswa. Oleh karena itu peran tripatrit pendidikan sangat penting dalam sinergi untuk mensukseskan pembelajaran daring di masa pandemi COVID 19.

Kata kunci : pembelajaran, daring, problematika, pandemi COVID 19


Full Text:

PDF

References


UNICEF, I. W. (2020, march). https://www.who.int/docs/default-source coronaviruses/key-message-and-actions-for-covid-19-prevention-and-control-in-schools-march-2020.

Luthra Poornima, S. M. (2020). 4 Ways COVID 19 Education Future Generation.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Surat Edaran Kemendikbud No 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (COVID 19). Jakarta: Kemendikbud.

Shah, S. S., Shah, A. A., Memon, F., Kemal, A. A., & Soomro, A. (2021). Online learning during the COVID-19 pandemic: Applying the self-determination theory in the ‘new normal’. Revista de Psicodidáctica (English ed.), 26(2), 168-177. https://doi.org/10.1016/j.psicoe.2020.12.003

Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E learning dalam Pembelajaran. 8(2).

Allen, M. (2013). Michael Allen Guide to E-Learning. Canada: John Wiley & Sons.

Martin F, Hoskin, B. O. (2013). Development of Interactive Multimedia Instructional Module. The Journal of Applied Instructional Design, Vol 3(3) 5-18.

Bashir, A., Bashir, S., Rana, K., Lambert, P., & Vernallis, A. (2021). Post-COVID-19 adaptations; the shifts towards online learning, hybrid course delivery and the implications for biosciences courses in the higher education setting. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.711619

Barbara J, Hoskins (2013). Distance Learning Transformational? The Journal of Continuing Higher Education, 62-63.

Muflih, S., Abuhammad, S., Al-Azzam, S., Alzoubi, K. H., Muflih, M., & Karasneh, R. (2021). Online learning for undergraduate

health professional education during COVID-19: Jordanian medical students' attitudes and perceptions. Heliyon, 7(9), e08031. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08031

Baber, H. (2020). Social interaction and effectiveness of the online learning - A moderating role of maintaining social distance during the pandemic COVID-19. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3746111

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012

Turnbull, D., Chugh, R., & Luck, J. (2021). Transitioning to E-learning during the COVID-19 pandemic: How have higher education institutions responded to the challenge? Education and Information Technologies, 26(5), 6401-6419. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10633-w

Gonzalez-Ramirez, J., Mulqueen, K., Zealand, R., Silverstein, S., Mulqueen, C., & BuShell, S. (2021). Emergency online learning: college students' perceptions during the COVID-19 pandemic. College Student Journal, 55(1), 29-46.

Marinoni, G., Van’t Land, H., & Jensen, T. (2020). The impact of Covid-19 on higher education around the world. IAU global survey report, 23.

Gawanmeh, A., Al-Karaki, J. N., Ababneh, N., & Hamid, Y. (2021). Evaluating the effectiveness of distance learning in higher education during COVID-19 global crisis: UAE educators’ perspectives. Contemporary Educational Technology, 13(3), ep311. https://doi.org/10.30935/cedtech/10945

Kriyantono, R. (2010). Teknik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Singarimbun, M. (2008). Metode penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Riduwan. (2004). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 250 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.