Literasi Menulis Guru Bersertifikat Pendidik Jenjang SMA/SMK

Endah Tri Priyatni(1*), Ahmad Munjin Nasih(2), Achmad Sultoni(3), Azizatuz Zahro(4), Juharyanto Juharyanto(5),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(4) Universitas Negeri Malang
(5) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Literasi menulis merupakan keterampilan yang wajib dimiliki para guru profesional, yaitu guru yang bersertifikat pendidik. Bagaimana literasi menulis para guru bersertifikat pendidik jenjang SMA/SMK inilah tujuan penulisan artikel ini. Jumlah guru bersertifikat pendidik yang terlibat dalam publikasi ilmiah dan karya inovatif adalah data utama penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, pengambilan data dan simpulan diperoleh melalui prosedur kuantifikasi dengan metode survei. Wilayah penelitian ini adalah Provinsi Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini meliputi guru pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik negeri maupun swasta yang diambil dengan teknik purposive random sampling secara reperesentatif mewakili kondisi SMA dan SMK. Pemilihan sampel dilakukan secara multistage, yaitu 19 kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Responden berasal dari 501 SMA/SMK negeri dan 313 SMA/SMK swasta yang berada di Provinsi Jawa Timur.Temuan pelitian menunjukkan literasi menulis guru bersertifat pendidik dalam publikasi ilmiah masih rendah baik dalam publikasi ilmiah maupun karya inoatif. Dalam publikasi ilmiah, kegiatan menjadi narasumber dalam lokakarya/seminar, hanya 17,9% guru yang pernah terlibat dan 82,1% belum pernah terlibat; untuk publikasi artikel di jurnal, hanya 23,1% guru yang terlibat dan 76,9% guru belum pernah menulis artike di jurnal; dan untuk kegiatan menulis buku ber-ISBN hanya 11,8% yang pernah menulis dan 88,2% belum pernah menulis buku ber-ISBN. Dilihat dari kemampuan guru dalam menghasilkan karya inovatif, 31,1% pernah menulis karya inovatif, namun 69,5% belum pernah. Literasi menulis yang masih rendah ini harus ditingkatkan karena kemampuan ini adalah kemampuan penting untuk dapat berjaya hidup di abad 21. Kata kunci : literasi menulis, guru, bersertifikat pendidik

Full Text:

PDF

References


L. J. Gurak, Cyberliteracy: Navigating the Internet with Awareness. London: Yale University Press, 2001.

Merriam-Webster, Merriam-Webster’s dictionary and Thesaurus. Massacusets: Merriam-Webster, 2006.

M. Kalantzis and B. Cope, Literacies. Cambridge: Cambridge University Press, 2015.

“UNESCO. 2003. Literacy: a UNESCO perspective. Paris: UNESCO. http://unesdoc.unesco.org.image/0013/001318/131817eo.pdf,” p. 131817, 2003.

O. R. et al., “Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid 19).” 2020, [Online]. Available: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,shib&db=bth&AN=92948285&site=eds-live&scope=site%0Ahttp://bimpactassessment.net/sites/all/themes/bcorp_impact/pdfs/em_stakeholder_engagement.pdf%0Ahttps://www.glo-bus.com/help/helpFiles/CDJ-Pa.

K. Drotner and C. Kobbernagel, “Toppling Hierarchies? Media and Information Literacies, Ethnicity, and Performative Media Practice,” Learn. Media Technol., vol. 39, no. 4, pp. 409–428, 2014, doi: https://doi.org/10.1080/17439884.2014.964255.

Kemdikbud, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kemdikbud, 2005.

B. Kartowagiran, “Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi,” Cakrawala Pendidik., vol. 3, pp. 463–473, 2015, [Online]. Available: http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1507049.

H. Borko, J. Jacobs, and K. Koellner, “Contemporary Approaches to Teacher Professional Development,” Int. Encycl. Educ., vol. 7, pp. 548–556, 2010, doi: 10.1016/B978-0-08-044894-7.00654-0.

H. W. Marchand, O. Hadar, L. Linor, K. Smith, I. Helleve, and M. Ulvik, “Teachers’ Perceived Professional Space and Their Agency.,” Teach. Teach. Educ., vol. 62, no. 37e46., p. 2017, 2017.

Kemdiknas, “Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.” 2010.

Kemdikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.” 2013, [Online]. Available: https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud65-2013SI.pdf.

E. Kupers and M. van Dijk, “Creativity in interaction: the dynamics of teacher-student interactions during a musical composition task,” Think. Ski. Creat., vol. 36, no. March, p. 100648, 2020, doi: 10.1016/j.tsc.2020.100648.

P. Panen and Purwanto, Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas., 2001.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.