PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Aplikasi Junio Smart di SD dan SMP Kemala Bhayangkari Makassar

Nur Rahmah(1*), Khaidir Rahman(2), Nurmila Nurmila(3),

(1) Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah guru SD dan SMP Bhayangkari. Tujuan dari PKM ini adalah untuk membantu masyarakat sasaran dalam mengembangkan sistem pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam pengelolaan administrasi, pemantauan aktifitas siswa dan lainnya, Hal ini dalam rangka meningkatkan pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien, mewujudkan sekolah unggulan berbasis teknologi yang terintegrasi. Masalah mitra adalah (1) koneksi internet yang kurang stabil seringkali dialami saat proses pembelajaran (2) Mitra belum pernah mengaplikasikan Junio Smart dalam pembelajaran daring (3) Kemampuan mengaplikasikan Junio Smart yang masih kurang (4) Membutuhkan pendampingan dalam mengaplikasikan Junio Smart dan memahami fitur fiturnya (5) Sebagian besar guru SD dan SMP Kemala Bhayangkari belum pernah mengikuti pelatihan berbasis e-learning. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan mitra.. Hasil dari pelaksanaan program kemitraan masyarakat adalaht: (1) peningkatan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan pengaplikasian Junio Smart (2) peningkatan kemampuan dalam mengaplikasi Junio Smart oleh guru SD dan SMP Kemala Bhayangkari, (3) pendampingan yang intensif dilakukan kepada guru SD dan SMP Kemala Bhayangkari untuk dapat lebih mahir dalam pengaplikasian Junio Smart.

Kata Kunci : kompetensi, guru,  Junio Smart


Full Text:

PDF

References


Adijaya, N., & Santosa, L. P. 2018. Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 550.

Anhusadar, La Ode. 2020. Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 3, No. 1, April 2020.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Batubara, H. H., &

Batubara, D. S. 2020. Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 5 (2).

Bentley, Y., Selassie, H., & Shegunshi, A. 2012. Design and evaluation of student.focused e-Learning. Electronic Jou

Chandrawati, S. R. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. [Online]. Jurnal Pendidikan. No. 2 Vol. 8.

Michael, Allen. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.

Setiawan, Parta. 2020. Pengertian E-learning – Karakteristik, Manfaat, Kelebihan,Kekurangan, Jenis, Komponen, Para Ahli, (online),https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.