PKM PELATIHAN PENGEMBANGAN WEB PAUD BAGI OPERATOR TINGKAT PAUD

Ansar Ansar(1*), Kartini Marzuki(2), Andi Wahed(3),

(1) Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pengelolaan web dalam sistem satuan pendidikan tidak dapat diabaikan karena merupakan unsur penting dalam mendapatkan kepercayaan dan kredibilitas dari masyarakat. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah TK Islam Persahabatan dan beberapa TK/PAUD lainnya di lingkungan Kecamatan Pallangga, Kota Makassar. Permasalahan Mitra adalah (1) Mitra belum memiliki Website, (2) Terbatasnya keterampilan dalam mengelola web sekolah, (3) Kurangnya pelatihan pengelolaan web, dan (4) terbatasnya tenaga pengelolaan website sekolah. Sasaran eksternal ialah web sekolah yang dapat di akses oleh masyarakat, membantu pengembangan web yang dinamis dalam mendukung akuntabilitas satuan pendidikan, target khususnya ialah memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan, hingga operator tingkat PAUD mampu mengembangkan dan mengelola web sekolahnya. Metode yang digunakan adalah tahap pertama, eksplanatory pemaparan materi tentang ruang lingkup website, tahap kedua demonstrasi, dan praktik memberikan kesempatan para peserta untuk memulai pekerjaan pengembangan web.  Tahap ketiga pendampingan, Tahap keempat mengadakan evaluasi, guna mengetahui tingkat penguasaan pengetahuan dan keterampilan peserta pasca pelatihan. Hasil dari kegiatan pelatihan ini ialah (1) mitra memiliki peningkatan pemahaman ruang lingkup website, (2) Mitra memiliki keterampilan dalam mengembangkan dan mengelola Web Sekolah, (3) Mitra memiliki kemampuan untuk mengembangkan web sekolah.

 

 

Kata kunci: pengembangan web PAUD, pengelolaan web satuan pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, D., Rachmiatie, A., & Nursyawal. (2019). Public participation model for public information disclosure. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(4). https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3504-19

Akinloye, G. M., Adu, E. O., & Ojo, O. A. (2017). Record Keeping Management Practices and Legal Issues in the School System. The Anthropologist, 28(3). https://doi.org/10.1080/09720073.2017.1335832

Kurniawan, Y., & Andika, A. (2019). Development of web based school management information system (a case study approach). International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 10(2).

Mus, S., Habibah, S., & Wahed, A. (2020). Pengelolaan Website Sekolah Berbasis Wordpress. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. http://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/15924

Mushlihudin, M., Setiadi, T., & Pujiyono, W. (2019). Pendampingan Pengelolaan Website Sekolah Muhammadiyah Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.417

Priyanka, K., & Menandas, J. J. (2020). Building an Web Based Cloud Framework for Rustic School Improvement. In Lecture Notes on Data Engineering and Communications Technologies (Vol. 35). https://doi.org/10.1007/978-3-030-32150-5_84

Rebolledo, M., Zamora-Medina, R., & Rodríguez-Virgili, J. (2017). Transparency in citizen participation tools and public information: A comparative study of the Spanish city councils’ websites. Profesional de La Informacion, 26(3). https://doi.org/10.3145/epi.2017.may.02

Solomon, G., & Schrum, L. (2014). Web 2.0 How-to for Educators. In ISTE.

Suprayogi, B., & Rahmanesa, A. (2019). Penerapan Framework Bootstrap Dalam Sistem Informasi Pendidikan SMA Negeri 1 Pacet Cianjur Jawa Barat. TEMATIK, 6(2). https://doi.org/10.38204/tematik.v6i2.244

Utami, P., & Hidayati, D. (2021). Pengembangan Modul Pemrograman Website Content Management System Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Website Sekolah SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Academy of Education Journal, 12(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.434


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.