Pelatihan Pembuatan Desain Praktikum Sederhana bagi Kelompok MGMP IPA SMP di Kabupaten Takalar

S. Salmiah Sari(1*), Bunga Dara Amin(2), Mutahharah Hasyim(3),

(1) Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari diadakannya pelatihan pembuatan desain sederhana IPA adalah: (1) memberi pengetahuan kepada guru khususnya guru IPA dalam mendesain praktikum IPA sederhana di masa pandemi; dan (2) mengidentifikasi materi IPA yang sesuai untuk dirancang desainnya untuk melakukan praktikum IPA. Metode yang digunakan adalah metode praktek, pembimbingan, dan monitoring evaluasi pada pelatihan mendesain praktikum sederhana bagi guru IPA. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah (i) meningkatkan keterampilan guru IPA dalam mendesain praktikum IPA di SMP dan (ii) modul praktikum IPA sederhana yang berbasis kontekstual . Simpulan yang diperoleh dari kegiatan ini adalah (i) pengetahuan guru IPA dalam mendesain praktikum sederhana meningkat dan (ii) motivasi guru IPA dalam merancang desain  praktikum IPA meningkat.

 

Kata Kunci: Desain Praktikum Sederhana, IPA,Pelatihan


Full Text:

PDF

References


Anonim.2017 Merancang Pengelolaan Kegiatan Laboratorium IPA Di Sekolah,kimia.unnes.ac.id/manlab/kegiatan-lab.pdf diakses tanggal 20 Januari 2020.

Muliadi. 2010. Penerapan Pelatihan Keterampilan Proses Sains melalui Model Direct Instruction dalam Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Majene. Tesis. Tidak diterbitkan: PPs UNM Makassar.

LPPM UNM.2020. Panduan Pengabdian pada Masyarakat.UNM. Makassar

Putra, S.R. 2012.Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogyakarta: Diva Press.


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.