PKM PEMBERDAYAAN PEMUDA KARANG TARUNA MELALUI PELATIHAN DESAIN JAHIT DI DESA PALAJAU KECAMATAN ARUNGKEKE KABUPATEN JENEPONTO

Basri Bado(1*), St. Hasbiah(2), Syamsu Alam(3), Yusri Karmila(4),

(1) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pemberdayaan merupakan suatu konsep untuk memberikan tanggungjawab yang lebih besar kepada orang-orang tentang bagaimana melakukan pekerjaan. Pemberdayaan akan berhasil jika dilakukan oleh pengusaha, pemimpin dan kelompok yang dilakukan secara terstruktur dengan membangun budaya kerja yang baik. Konsep pemberdayaan terkait dengan pengertian pembangunan masyatakat dan pembangunan yang bertumpu pada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan mendapat sambutan dan tanggapan yang positif dari Kelompok Pemuda Karang Taruna. Hal ini terlihat pada kesungguhan dan keseriusan mereka mengikuti materi pelatihan. Pelatihan ini merupakan suatu kegiatan yang sangat membantu Kelompok Pemuda Karang Taruna tentang cara desain jahit agar dapat menjadi kan usaha jahitnya sebagai usaha dalam memenuhi kebutuhan rumahtangga. Peserta yang mengikuti kegiatan ini, 90% telah memahami cara mendesain jahit agar dapat bersaing dengan penjahit yg modern. Selain mendesain jahit pelaksana kegiatan PKM ini mengarahkan/menjelaskan para Kelompok Pemuda Karang Taruna dalam memperoleh modal, mengajukan pinjaman, strategi pemasaran, menyusun laporan keuangan, dan menganalisis pesaing. Dengan demikian, mereka dapat menjalankan suatu usaha dan mengelola usaha tersebut dengan baik dan juga mampu menjawab tantangan-tantangan dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada

 

Kata kunci: Pemberdayaan, Desain Jahit


Full Text:

PDF

References


Assauri, N. 1999. Manajemen Pemasaran (edisi 1 cetakan 6). PT. Kerja Grafindo Persada, Jakarta.

Ciptono, W. S., 1999, Entrepreneurship Management Entering the Fifth Generation of Global Management Evolution : Total Quality of Ultrapreneurship Management, Lokakarya Perkembangan Tes Potensi Kewirausahaan Versi Indonesia, Pusbangnis LPKwu, 11 - 12 Januari, Surakarta.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesembilan, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suryani, 2007 Pengertian Abon Ikan. Aditya Media Yogyakarta.

Usman H, dan Akbar P.2004. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta.

Holt D.H., 1992, Entrepreneurship : New Venture Creation, Prestice Hall, New Jersey.

Inpres No. 4, 1994, Gerakan National Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan, Jakarta.

Munandar, A. S., 1999, Konsep Teoritis Entrepreneurship Komparasi Konsep Barat dan Indonesia (Pengertian, Komponen, Diri Kepribadian dan Perilaku Kewirausahaan), Lokakarya Perkembangan Tes Potensi Kewirausahaan Versi Indonesia, Pusbangnis LPKwu, 11-12 Januari, Surakarta.

Mutis, T., 1995, Kewirausahaan yang Berproses, Grasindo, Jakarta.

Suryana, A.S., Imelda R., Idris S., Agus A, Eymal B.O., Suardi B., dan Rusli M.R., 1995, Mulai dengan Usaha Kecil Merintis Karir Kewirausahaan Anda, Pusat Pengembangan Usaha Kecil Kawasan Timur Indonesia, UjungPandang.

Suryana, 1999, Kewirausahaan (Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menufu Sukses), Salemba Empat, Jakarta.

Sutojo, R, 1993, Mengembangkan Entreneurship dalam Koperasi, Diskusi Panel oleh Warta Koperasi, 20 Pebruari, Jakarta.

Tamar, M., 1994, Tesis : Hubungan antara Persepsi terhadap Lingkungan Tugas dan Tingkah Laku Antrepreneur dengan Unjuk Kerja Manajer KUD di Sulawesi Selatan, UI, Jakarta.

Tavlor, J.R, Global Investing for the 21 st Century, International Publishing Corporation Chicago, Illinois.

Tim Kewirausahaan, 1997, Materi Kewirausahaan, UNS, Surakarta.

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3918476/cara-membuat-pola-baju-untuk-pemula-pahami-dasar-dan-triknya


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.