PKM GURU PAMONG DAN MAHASISWA KKN PPL TERPADU MELALUI LOKAKARYA PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MERDEKA BELAJAR DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Pengembangan Perangkat Pembelajaran bagi Guru SMK berbasis Merdeka Belajar pada Guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu. Subjek pengabdian yaitu para guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM di penempatan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Banyak tantangan dalam pembelajaran pembelajaran terbaru diantaranya membuat perencanaan pembelajaran 1 lembar merupakan tahapan pertama yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran (Analisis SKL-KI dan KD, RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaian). Fokus pengabdian adalah menyiapkan Guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu yang mampu menjawab tantangan kompetensi Merdeka belajar memberikan arah baru Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan dikembangkan ke depan. Rencana kegiatan dan metode yang akan dilakukan dalam pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada Guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu Tahun Akademik 2020 - 2021 mengenai Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Merdeka Belajar dalam Situasi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dalam bentuk Lokakarya. Selain itu, diadakan pula pendampingan untuk memastikan keberlangsungan implementasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam pembelajaran di sekolah.
Kata kunci: Program PKM, Perangkat Pembelajaran, Merdeka Belajar
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2018. Materi: Analisis Dokumen SKL, KI, dan KD. Jakarta
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018. Analisis Materi Pembelajaran. Jakarta
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018. Analisis Penerapan Model Pembelajaran. Jakarta
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018. Analisis Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta
Handaya M., 2016. Kemenakertrans Usulkan Keselamatan Kerja Masuk Kurikulum Sekolah. Republika Online - Jakarta. https://republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/01/08/o0msg9382-kemenakertrans-usulkan-keselamatan-kerja-masuk-kurikulum-sekolah di akses 18 Desember 2018
Ibrahim, dkk. 2000. Media Pembelajaran Bahan Sajian Program Pendidikan Akta Mengajar. Malang : Depdiknas, Universitas Negeri Malang, FIP.
Indrianto, Lis. 1998. Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik Dalam Pengajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika. Semarang: IKIP Semarang.
Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Ramadan, P. R. (2014). Pengaruh Pengetahuan K3 dan Sikap terhadap Kesadaran Berperilaku K3 di LAB. CNC dan PLC SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 4(3).
Sulainingsih, E. (2012). Perilaku Siswa dalam Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Praktek Membatik di SMK Negeri 6 Yogyakarta.
https://venayanti.wordpress.com/2014/07/20/peranan-media-pembelajaran-dalam-kurikulum-2013/
Article Metrics
Abstract view : 657 times | PDF view : 94 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.