Kesehatan Mental dan Pandemi Covid-19

Khofifah Khofifah(1*), Ainun Mutmainnah(2), Ananda Ade Salsabila(3), Ahmad Ridfah(4), Ismalandari Ismail(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Psikoedukasi yang dilakukan yaitu untuk menambah informasi kepada masyarakat mengenai hubungan kesehatan mental dengan situasi pandemi Covid-19. Topik psikoedukasi yaitu mengenai bagaimana tetap menjaga kesehatan mental dan mencegah stigma negative dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini agar masyarakat tidak tertular pada Covid-19 dan memutuskan rantai penyebaran virus. Psikoedukasi dilakukan dengan menyebarkan poster ke media social (Whatsapp, Instagram, dan Facebook) dan memberikan survey kepada responden yang menyukai poster yang diberikan tersebut. Hasil dari pelaksanan psikoedukasi ini yaitu responden menyukai dan memahami isi poster yang diberikan, responden juga mendapatkan manfaat dari informasi dan akan menerapkan informasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari khususnya selama pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci: Psikoedukasi, Kesehatan Mental, Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Inter-Agency Standing Committee (IASC). 2020. Catatan tentang aspek kesehatan jiwa dan psikososial wabah covid-19 versi 1.0. http://www.cacatan-tentang-aspek-kesehatan-jiwa-dan-psikososial-wabah-covid19.id (diakses 23 april 2020)

Kawal COVID19. 2020. Mencegah dan menangani stigma sosial seputar COVID19. http://www.kawalcovid19.id (di akses 23 April 2020)

Lieberman, M. (1992). The effect social support on respond on stress. Dalam Bretnitz & Golberger (Eds). Handbook of stress: Theoritical & clinical aspects. London: Collier MacMillan publisher.

Universitas Indonesia. Pandemik corona, kesehatan mental tetap harus terjaga. http://www.ui.ac.id (diakses tanggal 23 April 2020)

Sukadiyanto, S. (2010). Stress dan cara menguranginya. Cakrawala Pendidikan, (1), 82176.

Walsh, J. (2010). Psychoedication in mental health. Chicago: Lyceum Books, Inc.


Article Metrics

Abstract view : 1149 times | PDF view : 321 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.