Mengintergrasikan Karakter Abad 21 dalam Aktifitas Berwirausaha Masyarakat Dataran Tinggi

Muhammad Hasan(1*), Tuti Supatminingsih(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah masyarakat Kelurahan Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan . Masalahnya adalah : (1) masyarakat masih menjalankan aktifitas ekonomi secara subsisten; (2) belum terdapatnya pemahaman masyarakat terhadap pembentukan karakter kewirausahaan, dan (3) belum optimalnya peran orang tua menanamkan perilaku dan karakter berwirausaha dalam keluarga. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dan mampu mengidentifikasi berbagai pilihan profesi yang berbasis kewirausahaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup mereka; (2) mitra memiliki pengetahuan dan mengaitkan karakter abad 21 dengan aktifitas berwirausaha; dan (3) mitra mampu membangun kolaborasi baik dengan tetangga, pemerintah desa, maupun dengan anggota keluarga sendiri.

Kata kunci: Karakter abad 21 dan aktifitas berwirausaha.


Full Text:

PDF

References


Hasan, Muhammad. (2016). Pengembangan Pola Pendidikan Ekonomi Informal sebagai Upaya untuk Pembentukan Perilaku Ekonomi yang Baik, Prosiding Seminar Nasional "Mega Trend Inovasi dan Kreasi Hasil Penelitian dalam menunjang Pembangunan Berkelanjutan" hal. 82-87 Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. Makassar: Lembaga Penelitian UNM.

Hasan, Muhammad, dan Azis, Muhammad. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal. Makassar: CV. Nur Lina Bekerjasama dengan Pustaka Taman Ilmu.

Hasan, Muhammad. (2018). Pendidikan Ekonomi Informal: Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan Pada Bisnis Keluarga?. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Volume 1, No. 2 Juli 2018 p-ISSN: 2614-2139; e-ISSN: 2614-1973.

Hasan, M., Hatidja, St., Nurjanna, Guampe, F.A., Gempita, & Ma’ruf, M.I. (2019). Entrepreneurship learning, positive psychological capital and entrepreneur competence of students: a research study. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 7(1): 425-437.


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.