Media Literasi bagi Siswa Sekolah Dasar

Johar Amir(1*), Nensilianti Nensilianti(2), Syamsudduha Syamsudduha(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pelatihan ini diharapkan dapat menginspirasi guru tentang media literasi Mini Book (Buku Mini), Word Wall (Dinding Kata), Puisi Akrostik, dan Key/letter Word (kata/huruf huruf), serta cara membuat dan menggunakannya untuk mengembangkan keterampilan literasi siswa yang berdampak pada peningkatan kemampuan akademik siswa. Dengan adanya media literasi variative yang digunakan secara tepat oleh guru dalam pembelajaran, siswa dapat terbantu untuk lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran literasi. Oleh karena itu, media pembelajaran ini dapat membantu siswa mencapai hasil yang maksimal. Mitra kegiatan ini adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus III Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang yang berjumlah 11 orang (1 guru SD Inpres Arra, 2 guru SDN 141 Lembang, 1 guru SDN 300 Lembang, 2 guru SDN 301 Lembang, 2 guru SDN 186 Lembang, 1 guru SDN 142 Lembang, 1 guru SDN 272 Lembang, dan 1 guru SDN 144 Lembang). Sasaran lanjut kegiatan ini adalah siswa kelas I sampai kelas VI masing-masing sekolah. Untuk mengatasi permasalahan guru ditempuh dalam tiga tahapan kegiatan yaitu workshop, pendampingan, dan refleksi yang dilakukan secara virtual. Secara umum, target yang diharapkan dari kegiatan pelatihan ini tercapai. Guru-guru yang tergabung dalam KKG Gugus III Kecamatan Lembang yang mengikuti pelatihan telah mampu merancang dan menghasilkan sebanyak 11 media literasi, yaitu: 3 mini book, 2 word wall (dinding kata), 4 puisi akrostik, 2 key/letter word (kata/huruf) yang disesuaikan dengan level siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas VI

Full Text:

PDF

References


Bluemel, N. L., and Rhonda H. T. (2012). Pop up Books: a guide for Teachers & Librarians, USA: Santa Barbara. Burda, J. and Burda, A. (2002). Year Round Nonfiction Mini-books Pre K-1. Teacher Created Resources, Inc. Cronsberry (2004) dari internet (http://www.slideshare.net/) irmanurmayanti587/babii-29854067 : oleh Irma Nurmayanti (2014) Hart, B., & Risley, T. (1995). Meaning ful differences in the everyday lives of children. Baltimore: Brookes Co. Esroq, H. P. (2004). Teknik Pembelajaran Menulis Puisi. Jakarta: Indonesia.http://dhayesamantha.blogspot.com/2 012/01/behaviorurl defaultvmlo.html. Henry, M. K. (2003). Unlocking literacy: Effective decoding & spelling instruction. PH Brookes. Honig, B., Diamond, L., & Gutlohn, L. (2006). Teaching Reading: Sourcebook for Kindergarten through Eighth Grade. Novato, CA: Arena Press. Marzano, R. J. (2004). Building Background Knowledge for Academic Achievement: Research on What Works in Schools. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development (pages 68and 69) ISBN 0-87120-972-1 Montanaro, A. R., (1993). Pop-up and movable books: a bibliography, Newjersey: Scarecrow press Inc. Nagy, W. E. & Anderson, R. C. (1984). How many word Nensilianti, N., & Suarni, S. (2018). Dinding kata sebagai media pengembangan perbendaharaan kosakata siswa MI Al Abrar Makassar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2018, No. 5).


Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.