Mudah Menulis Arab bagi Penghafal Al-Qur’an

Sarah Noviyanti Latuconsina(1*), Enung Mariah(2), Sitti Muthmainnah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Rumah Inspirasi. Masalahnya adalah: (1) kurang terbiasa menulis bahasa Arab tanpa harakat, (2) kurangnya pengetahuan tentang kaidah imla’, (3) kurangnya pemahaman tentang penulisan insya’, dan 4) kurangnya tenaga pendidik bahasa Arab. Sasaran eksternal adalah kajian bahasa Arab khususnya dalam menulis untuk memahami Al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah: presentasi, tanya jawab, praktik. Hasil yang dicapai adalah (1) lebih mengenal bahasa Arab selain teks Al-Qur’an, 2) terbiasa menulis bahasa Arab tanpa harakat, (3) memahami kaidah penulisan imla’, (4) memahami penulisan insya’, dan (5) dapat membaca bahasa Arab tanpa harakat selain teks Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Bahruddin, Uril. 2017. Rekonstruksi Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab. Sidoarjo: CV Lisan Arabi Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: RajaGrafindo Persada Haliq. A & Nasta, M. 2016. Pengaruh Komunikasi Nonverbal Dosen Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Retorika, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9 (2), 91 Hanifah, U. 2015. Pentingnya Buku Ajar yang Berkualitas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(1), 99–121. Khalilullah, M. 2012. Permainan Teka-teki Silang sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). ANIDA’, 37(1), 15–26. Muradi, Ahmad. 2015. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dalam Perspektif Komunikatif. Jakarta: Prenada Media Grup Rosyidi, A. W. & Ni’mah, M. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press Zainurrahman. 2013. Menulis Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 112 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.