Standar Pelayanan Publik Kecamatan Bontomarannu

Risma Niswaty(1*), Andi Cudai Nur(2), Suhaedah Suhaedah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra dalam kegiatan PKM ini adalah pemerintahan kecamatan Bontomarannu kabupaten Gowa.  Permasalahan yang dialami mitra adalah terkait dengan pelayanan publik, yaitu adanya pengaduan masyarakat tentang ketidakpastian jangka waktu pelayanan, pelayanan yang berlarut-larut dan memakan waktu lama.  Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah metode PAR atau Participatory Action Research.  Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dilaksanakan kegiatan workshop bagi staf kecamatan dan perwakilan dari delapan desa dan satu kelurahan.  Hasil dari kegiatan workshop telah mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam penerapan standar pelayanan publik dan peserta telah dapat mengembangkan standar pelayanan publik yang ada.  Sebagai tindak lanjut dari kegiatan PKM ini, maka peserta workshop akan mulai menerapkan standar pelayanan publik berdasarkan ketentuan dan kaidah atau prinsip pelayanan publik dan mempraktikkannya di wilayah kerja masing-masing

Full Text:

PDF

References


Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i1.298 Kuzairi, U., Yuswadi, H., Budiharjo, A., & Patriadi, H. B. (2017). Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pada Pelayanan Publik Bidang Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum dr. H. Koesnadi Bondowoso). In Politico. Rachmatullah, M. R. (2019). Pentingnya Standar Pelayanan Publik. Ombudsman Republik Indonesia. Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA). Umar, Z. (2017). Analisis Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal untuk Peningkatan Kualitas Layanan Publik di Daerah. Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik


Article Metrics

Abstract view : 687 times | PDF view : 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.