PKM Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus saat pandemi Covid-19

Baharuddin Baharuddin(1*), Poppy Elisano Arfanda(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini mempunyai tujuan untuk membantu guru dalam membelajarakan pendidikan jasmani bagi siswa tuna rungu di Sekolah Luar Biasa di kota Makassar. Perlu dilakukan pendekatan yang tepat untuk memberikan pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam hal ini tim PKM akan melakukan pendekatan strategis untuk pengembangan kegiatan pendidikan jasmani di Sekolah Luar Biasa dengan kegiatan fisik yang diciptakan untuk pemenuhan kebutuhan siswa tuna rungu, dengan ini diharapkan mampu memperbaiki kondisi mereka, tidak hanya secara psikomotor namun juga secara afektif, kognitif dan psikologis. Adapun tema yang diambil adalah PKM Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Anak Berkebutuhan Khusus saat pandemi covid-19. Masalah disabilitas pada anak merupakan masalah yang cukup kompleks baik secara kuantitas maupun kualitas, mengingat berbagai jenis disabilitas mempunyai permasalahan tersendiri. Jika masalah anak berkebutuhan khusus tidak segera ditangani maka akan menjadi beban bagi diri pribadi sang penyandang disabilitas itu sendiri, keluarga ataupun lingkungan. Maka dari itu perlu suatu pendidikan yang bisa membuat para penyandang disabilitas untuk dapat hidup mandiri

Full Text:

PDF

References


Arimbi, Lita Puspita. 2019. Pengembangan Model Penjas Adaptif. Makassar: Penerbit UNM

Arimbi. (2013). Klasifikasi dan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Makassar : Buku Ajar. Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Adi Tama. Depdiknas.(2006). Permendiknas No. 22 tentang Tujuan Pendidkan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Depdiknas. Effendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta : Bumi Aksara. Firmansyah, H. (2009). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 6 No. 1. Rosdiani, Dini. (2013). Model Pembelajaran Langsung Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta. Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (SD/MI). Jakarta : Litera. Smith, D. (2006). Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung : Nuansa. Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani, Filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung : Yayasan Nuansa Cendekia. Sumantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Adi Tama. Winarno. (2009). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Bandung Ganessa Exacta.