PKM Pelatihan Pengembangan Two-Tier Diagnostic Test Disertai Certainty Of Response Index (CRI) Bagi Guru SDN Wilayah II Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru

Nurul Mukhlisa(1*), Yonathan S. Pasinggi(2), Ritha Tuken(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah guru SDN Wilayah II Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Masalahnya adalah: (1) mitra sulit untuk membedakan peserta didik yang paham konsep, tidak paham konsep, dan miskonsepsi dan (2) guru tidak mengetahui instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik. Sasaran eksternal adalah Two-Tier Diagnostic Test disertai Certainty Of Response Index (CRI). Metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mengetahui Two-Tier Diagnostic Test disertai Certainty of Response Index (CRI) sebagai instrumen dan metode yang dapat mengidentifikasi peserta didik yang paham konsep, tidak paham konsep, dan miskonsepsi dan (2) mitra memiliki kemampuan untuk mengembangkan Two-Tier Diagnostic Test disertai Certainty of Response Index (CRI) untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Aldahmash, A. H. & Alshaya, F. S. (2012). Secondary School Students' Alternative Conceptions about Genetics. Electronic Journal of Science Education, 16 (1), 1-21.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley E. L. (1999). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Phys. Educ., 34 (5), 294 – 299.

Kaur, G. (2013). A Review of Selected Literature on Causative Agents and Identification Strategies of Students’ Misconceptions. Educationia, 2 (11), 79-94.

Kemdikbud. (2020). Data Referensi Pendidikan (Online).(https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=190600&level=2, diakses 2 Februari 2020).

Murni, D. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Konsep Substansi Genetika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung (205-211). Lampung: Universitas Lampung.

Treagust, D. F. (2006). Diagnostic Assessment in Science as A Means to Improving Teaching, Learning and Retention. UniServe Science Assessment Symposium Proceedings (1-9). Australia: Science and Mathematics Education Centre Curtin University of Technology.

Wirawan. 2016. Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.