Model Pembelajaran NURS dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman

Nurming Saleh(1*), Syamsu Rijal(2), Misnah Mannahali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman yang telah dan sementara mengikuti Program Pengenalan Lapangan (PPL) di SMA se kota Makassar pada tahun ajaran 2019/2020. Masalah yang dijadikan landasan utama adalaha (1) siswa mengalami kendala dalam mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bahasa Jerman; (2) Minimnya pemahaman dalam penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) edisi terbaru yang ditetapkan oleh Mendikbud: (4) kurangnya khazanah model-model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran bahasa Jerman; (4) kurangnya antusiasme siswa disebabkan oleh media digital seperti smartphone dan (5) pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif. Metode yang digunakan adalah ceramah, presentasi, pembelajaran berbasis proyek, dan Focus Group Discussion. Hasil yang dicapai adalah (1) peserta memahami dan mampu menyusun RPP edisi terbaru; (2) peserta mengenal serta memahami esensi dan langkah-langkah model pembelajaran NURS dalam pembelajaran bahasa Jerman; (3) Antusiasme dan keterampilan menulis bahasa Jerman siswa mengalami peningkatan signifikan setelah belajar bahasa Jerman melalui implementasi model pembelajaran NURS

Full Text:

PDF

References


Allen, S. F., Wetherell, M. A., & Smith, M. A. (2019). Online writing about positive life experiences reduces depression and perceived stress reactivity in socially inhibited individuals. Psychiatry Research, 112697. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.112697

Calkin, A. B. (2018). Writing on writing. International Journal of Educational Research, 87, 127–137. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.05.002

Cheong, C. M., Zhu, X., Li, G. Y., & Wen, H. (2019). Effects of intertextual processing on L2 integrated writing. Journal of Second Language Writing, 44, 63–75. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2019.03.004

Qian, J., Yu, X., Sun, S., Zhou, X., Wu, M., & Yang, M. (2019). Expressive writing for Chinese women with foetal abnormalities undergoing pregnancy termination: An interview study of women’s perceptions. Midwifery, 79, 102548. https://doi.org/10.1016/j.midw.2019.102548

Saleh, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Memahami berbasis Interkulturelle bagi mMahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM. PPs Universitas Negeri Makassar [Disertasi].

Saud, S. (2014). Pengembangan Model SAUD dalam Pembelajaran Schreibfertigkeit Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman di Indonesia. 27 [Disertasi].

Zheng, Y., & Yu, S. (2019). What has been assessed in writing and how? Empirical evidence from Assessing Writing (2000–2018). Assessing Writing, 100421. https://doi.org/10.1016/j.asw.2019.100421


Article Metrics

Abstract view : 390 times | PDF view : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.