Materi ajar cerpen di SMA dengan Tema Lingkungan berdasarkan Kurikulum 2013
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Beach, R.W. dan Marshall J.D. (1991). Teaching Literature in The Secondary School. San Diego: Harcout Brance Jovanovich Publishers.
Berberger, (2012). Goodbody, Axel, Kate, Rigby, eds. “Ecocritical Theory: New European Approach.” Charlottesville and London University of Virginia Press. Journal of Ecocrtiticism, 4(2), 72-99.
Corkhill, A. (2001). “Scarred Landscapes: Wolfgang Hilbig’s Ecocritique.” Journal of the Australasian Universities Language and Literature Association, 96(1), 173–188. doi:10.1179/aulla.2001.96.1.011
Dewi, Novita. (2015). “Manusia dan Lingkungan dalam Cerpen Indonesia Kontemporer: Analisis Ekokritik Cerpen Pilihan Kompas.” Litera,14 (2), Oktober, 379-391.
Erlina, Y., A.Rakhmawati, dan B.Setiawan. (2017). “Kajian Sosiologi Sastra, Nilai Pendidikan, dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Sastra di SMA pada Novel Ayah Menyayangi Tanpa Akhir Karya Kirana Kejora”. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 4 (1) April, 203-216.
Estok, S. C. (2001). “A Report Card on Ecocriticism.” Journal of the Australasian Universities Language and Literature Association, 96(1), 220–238. doi:10.1179/aulla.2001.96.1.014
Faizin. (2015). “Sikap Hidup Masyarakat Madura dalam Kumpulan Cerpen Mata Blater Karya Mahwi Air Tawar.” Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Oktober 2015, 1 (2), 163-172.
Gaard, Greta. (2013). “Literary Milk” Journal of Criticism, 5(1), 1-18.
Garrard,Greg. (2004). Ecocriticism. New York: Routledge.
Heitschmidt, G. W. (2014). “Discovering The Sublime: Mountain Exploration with Emerson, Thoreau, and Muir.” Literary Imagination, 16(3), 311–321. doi:10.1093/litimag/imu007
Jumadi. (2017). “Mengintensifkan Peran Pendidikan Sastra Untuk Membangun Karakter Bangsa.” BASINDO Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1 (2), 31-39.
Kusmana, Suherli dan Yatimah. (2018). Kajian Struktural dan Nilai Moral dalam Antologi 20 Cerpen Pilihan Kompas Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Cerita Pendek di SMA. Jurnal Tuturan, 7 (1), 822-836.
Laurensius, Nurdi, dan Susan Neni Triani. (2017). “Pemajasan dalam Kumpulan Cerpen Rectoverso Karya Dewi Lestari.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (1). 18-25.
Mannon, Ethan. (2013). “KindredEthics: Leopold and Badiou; Ecocriticism and Theory.” Journal Of Ecocriticism, 5.(1), 1-14.
Mawaddah,Ade Husnul. (2018). “Nilai Kesetaraan Gender pada Cerpen dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA.” LITERA 17 (1), 30-40.
Miles, Matthew B., and A. M. Huberman. (1994). Qualitative data analysis: an expanded sourcebook.
Nunan, David. (1991). ‘Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle and Heinle Publisher.
Petersen, B. (2014). From Realizing Rhetoric to Rhetoricizing the Real: The Puritan Footprints in Thoreau’s Walking.” Literary Imagination, 17(1), 55–63. doi:10.1093/litimag/imu029
Purika, D.A., Andayani, dan Sumarlan. (2016). “Aspek Kejiwaan Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel The Chronicle of Kartini karya Wiwid Prasetyo serta Relevansinya dengan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.” Agustus 1 (1), 66-79.
Saddhono K. dan Rohmadi, M. (2014). “The Role of Duch Colonilism in the Political Life of Mataram Dynasty: a Case Study of the Manuscript of Babad Tanah Jawi”. Asian Social Science; 10 (15) pp. 1-7.
Septianingsih, Lustantini. (2015). “Membangun Karakter Bangsa Berbasis sastra: Kajian terhadap Materi Karya Sastradi Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21 (1) April, 71-85.
Suhardi, & Thahirah, A. (2018). “Nilai Pendidikan Karakter pada Cerpen Waskat Karya Wisran Hadi.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 114-122, doi: 10.17509/bs_jpbsp.v18i1.12151 Article
Sugiarti. (2016). “Kesadaran Ketuhanan Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen Ketika Mas Gagah Pergi dan Kembali Karya Helvy Tiana Rosa.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2 (1), April 90-97. PISSN 2442-7632 EISSN 2442-9287 http://ejournal.umm.ac.id/index.php/ kembara/index
Suryaman, Maman. (2010). “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajatran Satra”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Mei edisi khusus Dies Natalis UNY, 112-126.
Article Metrics
Abstract view : 426 times | PDF view : 118 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.