Efektivitas Penerapan Pop Up Book Pada Materi Bangun Sisi Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 35 Makassar

Abdul Rahman(1*), Nurwati Djam'an(2), Kris Kiding Allo(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre experiment, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penerapan media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest, teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas Ⅷ UPT SPF SMP Negeri 35 Makassar. Instrumen pengambilan data adalah tes pretes dan tes posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan mengalami peningkatan setelah diterapkan media pop up book pada siswa kelas Ⅷ.1 pada materi bangun ruang sisi datar efektif terhadap hasil belajar matematika.

 

Kata Kunci: Pop Up Book, Bangun Ruang Sisi Datar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdussakir, A. 2009. Pembelajaran geometri sesuai teori Van Hiele. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1).

Alman, A. 2022. Media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas II SD. Jurnal papeda: Jurnal publikasi pendidikan dasar, 4(2), 149-155.

Akbar. 2020. The relationship between the problem based learning 9PBL) model with student learning outcomes. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES) conference Series, 3(3)

Andayani, F. 2021. Perancangan media pembelajaran berbentuk pop up book untuk pencapaian kemampuan memecahkan masalah matematis pada materi aritmatika sosial. PRISMA, 10(2), 156-169.

Amrullah. 2022. Pengembangan aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram.

Aqib. 2017. Fungsi media pembelajaran menurut para ahli. https://creatormedia.my.id/ fungsi-media-pembelajaran-menurut-para-ahli/Admin media

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Fitriani. 2020. Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran tematik materi bagian-bagian tumbuhan untuk peningkatan hasil belajar siswa di Madrasa Ibtidayah Padangsidmpuan Selatan. (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addry Padangsidimpuan).

Hasanah, U. 2019. Pengaruh media pop up book terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu (Doctoral

dissertation, IAIN Bengkulu).

Idhartono, A. R. 2020. The effectiveness of pop up book media on the reading and writing ability of students with light developmental disabilities in SLB (Case Study: Extraordinary Schools). Literatus Journal, 2(1), 8.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019. Hasil Pisa Indonesia. https://www.kemendikbud.go.id/main/main/blog/2020/12/hasil;pisaindonesia

-2018-

Lathiifah, I. J. 2019. Pelatihan pembuatan bahan ajar untuk pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 85-94.

Mahmudah. 2018. Pengembangan media pembelajaran multiplication stick board pada materi operasi hitung perkalian untuk siswa kelas III SD Annur Tumpang Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Mariana, N. 2018. Pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas Iv Sdn Wonoplintahan Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9).

Mashuri, S. 2019. Media pembelajaran matematika.

Mawarni, I. 2022. Keefektifan penggunaan media pop up book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis puisi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Netriwati, M. P. 2017. Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Nurdin Arsyad. 2021. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis visual basic untuk siswa kelas Vlll SMP http://www.ojs.unm.ac.id/imed, 154-163.

Pakpahan. 2020. Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pramitasari, A. 2015. Pengembangan buku pop-up pekalongan sebagai media edumotik (Edukasi dan promosi Batik) Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 8

Purwendri, R. 2013. Penggunaan media pembelajaran dengan program berbasislectora untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ipa konsep gerak tropisme pada siswa SMP VIII. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif.

Resmaniti, D. M. 2019. Rancangan media pop up book tentang konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 1- 8

Sadiman. A. S. 2011. Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemamfaatannya (Edisi 15 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Setiyanigrum. 2020. Media pop-up book sebagai pembelajaran pascapandemi covid-

Prosiding seminar nasional pascasarjana (Prosnampas). 3(1).

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran matematika (cara meningkatkan kemampuan berpikir siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu

Silaen. 2022. Analisis pembelajaran matematika menggunakan model problem posing tipe- pre solution untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kisaran.“ JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 15- 20

Siswono, T. Y. E. 2012. Belajar dan mengajar matematika anak usia dini. seminar pendidikan anak usia dini di Sidoarjo, 18 Pebruari 2012, kerjasama guru PAUD se- kabupaten Sidoarjo. Surabaya.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICAUPIO

Nurfajriana. 2020. Efektivitas pembelajaran matematika melalui model reciprocalteaching teaching setting kooperatif siswa kelas VIII Makassar: SIGMA (suara intelektual gaya matematika)

Rhilmanidar, dkk. 2020. Efektivitas modul pembelajaran berbantuan software geogebra pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Didaktik Matematika

Telaumbanua, Y. 2020. Efektifitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4).


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.