Penerapan STEAM Berbantuan Celengan Barisan Aritmetika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Barisan Aritmetika Siswa

Nurwati Djaman(1*), Sadaria Sadaria(2), Awi Dassa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk menginvestigasi: (1) Kemampuan Pemahaman Konsep Barisan Aritmetika siswa setelah Penerapan STEAM Berbantuan Celengan Barisan Aritmetika, (2) Apakah ada pengaruh Penerapan STEAM Berbantuan Celengan Barisan Aritmetika terhadap kemampuan pemahaman konsep barisan aritmetika siswa. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes. Data analisis menggunakan statistika. Hasilnya menunjukkan ada pengaruh penerapan STEAM berbantuan Celengan Barisan Aritmetika terhadap kemampuan pemahaman konsep barisan aritmetika siswa yakni sebesar 0,681 dalam kategori sedang.

 

Kata Kunci: STEAM, Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Matematika Berkreasi


Full Text:

PDF

References


Admin. 2002. Bab XII Bioteknologi. Web Unair, 2021–2022. http://web.unair.ac.id/admin/file/f_20025_7i.pdf

Aktivitas, K., Dengan, L., Miniatur, M., Dengan, R., Konsep, M., Ruang, B., Datar, S., Upaya, D., Literasi, M., Siswa, P. I., Thoyibah, F., Kristiana, A. I., Adawiyah, R., & Prihandini, R. M. (n.d.). 1. Pendahuluan. 201–228.

Asri, O.S., (2015). Penguatan Media Dalam Pembelajaran Matematika Manfaatnya.

Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(4), 2089-855X.

Ayuningsih, F., Malikah, S., Nugroho, M. R., Winarti, W., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PjBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(5), 8175–8187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3660

Budiana, D.K., & Anto, J. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM dalam Menunjang Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding: Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada tanggal 29 Agustus 2020 di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMP, 978-623-94501-0-6.

Djoko Triasmoro, R. (2020). Peningkatan Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan STEAM ”Sanak Sabin”. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(2), 301–318. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i2.141

Irfan, L., JAILANI, J., & Susanti, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2142. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5117

Kosasih, B. D., & Jaelani, A. (2020). Desain Pembelajaran Mtk Berbasis Steam Abad 21. Kunci, K. (n.d.). Implementasi STEAM dengan Menggunakan Botol Bekas pada

Penjernihan Air. 1–7.

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3727–3738. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372

Miftaqulzanah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP. In Skripsi Pendidikan Matematika.

Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Smp N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8.

https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.80

Nurwati, D., Nur, A., Baso, I.S., & Sahlan, S. (2023). Development of a model of creative thinking based on mathematical literacy. Jurnal Pendidikan: World Transactions on Engineering and Technology Education, 4(21).

Novelia, S. 2023. Boneka Geometri Smart Solusi Pengurangan Limbah Plastik Dan Belajar Matematika Menarik. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 376–389.


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.