Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Sitti Munawwarah(1*), Asdar Asdar(2), Rosidah Rosidah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X di UPT SMAN 8 Pinrang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X UPT SMAN 8 Pinrang, menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas X.E.1. Instrumen yang digunakan terdiri dari perangkat pembelajaran, lembar observasi, serta tes tertulis kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) seluruh pembelajaran selama tiga kali pertemuan terlaksana dengan baik; (2) rata-rata aktivitas siswa aktif selama pembelajaran; (3) rata-rata pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa berturut-turut berada pada kategori rendah dan sedang, sedangkan rata-rata peningkatan n-gain score berada pada kategori sedang; (4) rata-rata pretest dan posttest pemahaman konsep matematika siswa berturut-turut berada pada kategori rendah dan tinggi, sedangkan rata-rata peningkatan n-gain score berada pada kategori sedang. Adapun hasil dari analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa yang dilihat dari peningkatan N-gain score keduanya yang berada pada kategori sedang.

.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep Matematika


Full Text:

PDF

References


Akhmad, G. P. A., & Masriyah. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 97-102.

Asfar, dkk. 2018. Modifikasi Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Model Pembelajaran Explicit Intruction (EI) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Edutech Consultant Bandung, Jurnal Aksara Public, 2(4), 23-38.

Asri, F.M., Ruslan, & Asdar. 2019. Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Intensitas Penggunaan E-Learning Quipper Video. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 148-161.http://www.ojs.unm.ac.id.imed

Hadi, S., & Kasum, M.U. 2015. Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MATJurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59-

http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Hazmi, N. 2019. Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(1), 56-65. https://doi.org/https://doi.org/10.315 39/joeai.v2i1.734

Ildayanti. 2017. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang (Tesis). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Kastawaningtyas, Ageng, & Martini. 2017. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA. 2(2).

Lestari, Try Puji. 2013. Mengkaji Model Pembelajaran Problem Solving. Diakses dari http://lestarysnote.blogspot.com/2013/10/mengkaji-model-pembelajar an- problem. html pada 5 April 2024

Sahaja, Irwan. 2014. Pengertian Pemahaman Konsep Matematika. Diakses dari https://irwansahaja.blogspot.com/2014/06/pengertian-pemahaman-konsep. matematika .html?m=1 pada 15 Februari 2024

Siswono, TYE. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan PemecahanMasalah Fokus pada Berpikir Kritis dab Berpikir Kreatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta (Cetakan ke-19)

Susanto, Hadi. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis. Diakses dari https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/02/kemampuan-berpikir- kritis/ pada 15 Maret 2024

Riadi, Muchlisin. 2018. Pengertian, Karakteristik dan Indikator Berpikir Kritis. Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2018/02/pengertian-karakteristik-dan- indikator-berpikir-kritis.html pada 5 April 2024

Zelviana, E. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Confidence pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMAN 1 Natar Lampung Selatan (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.