Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) pada Siswa Kelas XI
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis pada model pembelajaran Students Facilitator and Explaining (SFE) mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis pada model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN 12 Semarang Tahun 2023/2024. pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling dan terpilih XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model pembelajaran Students Facilitator and Explaining (SFE) mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Students Facilitator and Explaining.
Full Text:
PDFReferences
Aisah, A. N. 2019. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Anak Usia Dini pada Aspek Perkembangan Fisik Motorik. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 74–82.
Alti, W., & Hasan, H. 2020. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(2), 48–52.
Anghelo Josué, Bedoya-Flores, M. C., Mosquera-Quiñonez, E. F., Mesías-Simisterra, Á. E., & Bautista-Sánchez, J. V. 2023. Educational Platforms: Digital Tools for the teaching-learning process in Education. Ibero-American Journal of Education & Society Research, 3(1), 259–263. https://doi.org/10.56183/iberoeds.v3i1.626
Elydawati, Simbolon, N., & Simanjuntak, E. B. 2019. Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 2(1), 7–17.
Handayani, F., Setiadi, D., Artayasa, I. P., & Jufri, A. W. 2023. Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2235– 2240. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1711
Humairah, H., Solfitri, T., Armis, & Permana, D. 2019. Improving Mathematic Students’
Learning Process and Achievement Through Discovery Learning Model at MAN
Model Pekanbaru. Journal of Physics: Conference Series, 1351(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012084
Jamal, F. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.
Kustiyowati, K. 2023. The role of flash mathematics learning media in mathematics learning at Darur Rahmah Middle School. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 6(2), 102–107. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v6i2.231
Mustikasari, I., Supandi, & Damayani, A. T. 2019. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 307–309.
Nadhiroh, S. U., Kristanti, F., Suprapti, E., Surabaya, M., Kunci, K. 2023. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika berdasarkan Aspek Munandar. JET: Journal of Education and Teaching, 4(1). https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.135
Nurul, S., Oku, H., & Selatan, S. 2018. Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar.
Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. 2019. Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465–473.
Rojanna, K. I. S. A., Prihatin, J., & Fikri, K. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) Berbasis BBL (Brain-Based Learning) terhadap Retensi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA (Saintifika), 22(1), hal. 17-29.
Sudrajat, A. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47– 58.
Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (19th ed.).
Alfabeta.
Utami, D. Rahmi. 2019. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (OMI) Tingkat SMP Tahun 2018. TRANSFORMASI - Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 15–26.
Wan Hussin, W. A. S., & Mohd Matore, M. E. E. 2023. The influence of learning styles on academic procrastination among students in mathematics. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1239933
Zahara, R. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Logaritma Kelas X, SMA Negeri 1 Kaway XVI. Maju, 5(2), 109–118.
Article Metrics
Abstract view : 3 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.